Sederet Penghargaan Yang Di Raih Oleh Pemkab Rokan Hilir Selama Tahun 2019

SeRiau - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus berupaya untuk membuat perubahan di segala bidang. Berbagai langkah dan terobosan telah dilakukan untuk mencapai sebuah keberhasilan.masing Organisasi Perangkat Daerah terus berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan program kerja yang berkualitas mewujudkan pelayanan yang maksimal.

Dalam hal ini tim seriau.com dapat merangkumkan tiga penghargaan yang berhasil di raih oleh pemkab rokan hilir dalam kurun waktu tahun 2019.
Pertama, Pemkab Rohil berhasil meraih proklim tingkat nasional yang diwakilkan oleh  Dusun  Iman kepenghuluan Balai Jaya kecamatan Balai Jaya, menerima trophy utama proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pusat.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Lingkungan Hidup Rohil,mengusulkan 3 lokasi ke KLHK,Alhamdulillah,dari 3 lokasi yang diusulkan Rohil mendapatkan penghargaan untuk satu lokasi,dan ini merupakan satu-satunya di Provinsi Riau yang mendapatkan penghargaan,Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Suwandi,Ssos.

"Jika dihitung sejak Tahun 2014 sampai 2019 ini,Kabupaten Rokan Hilir telah meraih 12 kali penghargaan,baik berupa Trophy,maupun sertifikat Proklim untuk Tingkat Nasional jadi sampai saat ini kita masih menajdi daerah percontohan di Riau"Ungkap Wandi.

Lanjut Wandi,penghargaan yang diberikan oleh KLHK kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir,karena Rokan Hilir melalui Dinas Lingkungan Hidup dan pembinaan H Suyatno dinilai berhasil dalam membina program Kampung Iklim.  

Sementara itu Bupati Rohil Suyatno mengungkapkan keberhasilan ini berkat kerjasama antara pihakkepenghuluan, kecamatan hingga DLH sehingga bisa mencapai target target yang sudah dirancang bisa tercapai. Banyak sekali balai jaya itu meraih prestasi yang mengharumkan nama rokan hilir. 

“ alhamdulillah kita bersyukur dibina oleh DLH serta tokoh masyarakat kita bahwa Proklim Pondok Iman kepenghuluan balai jaya kecamatan balai jaya berhasil memperoleh penghargaan tinbgkat nasional satu satunya dari riau untuk tahun 2019, tahniah untuk balai jaya ucap suyatno.

Kedua, Pemkab Rohil Berhasil meraih pernghargaan kapabilitas APIP Level 3 dari PEmerintah Provinsi Riau. Penghargaan tersebt di berikan dalam acara Rapat Koordinasi pengawasan Daerah Provinsi Riau Tahun 2019,Yang mengangkat Tema"APIP Kompeten Mengawal Pemerintah Daerah"dihadiri Bupati H.Suyatno,AMP,Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Central.

Inspektorat Provinsi Riau sebagai inisiator pelaksana kegiatan bersama dengan BPKP perwakilan Riau dalam hal ini memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir atas prestasinya dalam pencapaian "Kapabilitas APIP Level 3".

Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang terus berbenah dan bersaing dengan Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau, karena ini merupakan tolak ukur dalam sistem pengawasan kinerja aparat pemerintah.

Bupati Rohil H.Suyatno saat didampingi Kasubag Humas Hasnul Yamin SE,mengucapkan rasa syukur,karena Kabupaten Rokan Hilir kembali mendapatkan penghargaan atas tercapainya"Kapabilitas APIP Level 3".

"Dan ini merupakan bukti keseriusan kita bersama dalam melakukan pengelolaan keuangan,sehingga secara Bertahap kita sudah bisa mencapai level ini,tentunya kita berharap juga untuk ke depannya kita bisa mempertahankan nya,bahkan lebih ditingkatkan lagi"Harapnya.

Ketiga, Pememerintah Kabupaten Rokan Hilir sukses meraih Pengharagaan opini Wajar Tanpa  Pengecualian (WTP) dari Kementrian Keuangan RI melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau atas laporan LKPD tahun 2018. Penghargaan yang diterima pada 29 Oktober 2019 merupakan hari bersejarah dalam perjalanan pengelolaan keuangan daerah Rokan Hilir, dalam kepemimpinan Bupati Suyatno, AMP, Wakil Bupati Drs. Djamiludin dan Sekda Drs. Surya Arfan, M.Si.

Gubernur Riau mengapresiasi Kabupaten Rokan Hilir yang telah mendapatkan WTP atas LKPD tahun 2018. "Semoga ini menjadi motivasi untuk menambah anggaran kedepannya dan lebih berbuat maksimal," katanya.

Bupati Rohil mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan ini. Sebab dikatakan Suyatno, penghargaan yang diraih ini sangat dinanti-nantikan oleh Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, termasuk juga Pemkab Rokan hilir yang telah berhasil meraih opini WTP. Hal tersebut berkat Satker-satker menyajikan laporan keuangan termasuk masalah aset.

"Saya tidak pernah membayangkan, 19 sudah berlalu sejak Rokan Hilir berdiri menjadi kabupaten, baru di tahun 2019 dapat meraih WTP", tutur H. Suyatno.

Suyatno menjelaskan, dibanding dengan kabupaten dan kota di Provinsi Riau, Kabupaten Rokan Hilir yang paling terlambat meraih WTP, bahkan tahun ini untuk yang perdana mendapat WTP.
 
Dari sekian penghargaan yang telah diraih oleh pemkab rokan hilir diharapkan mampu mengangkat nama daerah serta menjadi penyemangat bagi seluruh perangkat daerah dalam bekerja mewujudkan pelayanan maksimal untuk daerah dan masyarakat. Selain itu diharapkan penghargaan tersebut dapat dipertahankan bahkan terus ditingkatkan untuk di masa yang akan datang. ( ADV/Humas/Pemkab )



Berita Terkait

Tulis Komentar