Festival Makan Ikan, Wali Kota Ajak Warga Tingkatkan Kosumsi Ikan


SeRiau - Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengajak warga Pekanbaru untuk gemar makan ikan, untuk membangun masyarakat yang cerdas.

"Untuk membangun masyarakat yang cerdas ini dimulai dari anak usia dini dalam pembetukan IQ, sangat dibutuhkan omega 3 yang terkandung dalam ikan. Untuk itu, mari kita membudayakan makan ikan mulai dari keluarga kita," ajaknya, saat membukan kampanye gerakan masyarakat makan ikan di halaman Kantor Camat Rumbai, Selasa (26/11/2019).

Saat ini, sebut Firdaus, Konsumsi ikan di Kota Pekanbaru masih di bawah 40 kilogram per kapita per tahun, atau di bawah rata-rata konsumsi ikan nasional.

"Rendahnya konsumsi ikan ini tidak hanya di Pekanbaru, tapi juga di seluruh kabupaten/kota di Indonesia," ujarnya.

Jika dibangdingkan dengan tingkat konsumsi ikan negera tetangga seperti Malaysia dan Singapura, sebutnya, konsumsi ikan di Indonesia masih jauh tertinggal.

"Malaysia dan Singapura, konsumsi ikan di sana sudah di atas 40 kg per kapita per tahun. Belum lagi di Jepang dan Korea yang sudah mencapai angka 140 kg per kapita per tahun," jelasnya.

Selain digelarnya kampanye gerakan masyarakat makan ikan, di kesempatan tersebut juga dilakukan perlombaan masak serba ikan.(adv)



Berita Terkait

Tulis Komentar