Mendagri Tito Karnavian Sebut Mimika Paling Siap Jadi Tuan Rumah PON 2020

  • Jumat, 29 November 2019 - 18:57:01 WIB | Di Baca : 274 Kali

SeRiau - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian mengatakan, Kabupaten Mimika paling siap dalam penyelegaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020.

Hal ini disampaikan Tito usai meninjau GOR Futsal dan Mimika Sport Complex (MSC), di Timika, Jumat (29/11/2019).

Saat meninjau venue PON, Tito didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wakil Bupati Johannes Rettob, Ketua Harian PB PON Papua sub Mimika Marthen Paiding, Sekretaris PB PON Papua sub Mimika Cessar Avianto Tunya, serta perwakilan PT Freeport Indonesia, dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Loading...

Tito pun mengapresiasi Pemkab Mimika dalam keseriusannya sebagai salah satu tuan rumah PON XX.

Sebab, beberapa venue yang masih dalam pembangunan dapat dipastikan selesai dibangun sebelum pelaksanaan PON. Seperti venue biliar, dan panjat tebing.

“Untuk Aeromodelling tidak akan terlalu sulit. Saya merasa sangat optimis pelaksanaan PON 2020 di Timika sangat siap," kata Tito.

Untuk Mimika Sport Complex yang dibangun PT Freeport Indonesia, menurut mantan Kapolri ini, fasilitasnya sekelas internasional.

Apalagi, wisma atlet yang berada di kompleks olahraga itu begitu representatif. Selain udaranya yang bagus, desain wismanya juga berbentuk honai modern dengan fasilitas di dalamnya yang lengkap.

"Adanya air panas, ruang makan, dan juga ruang kamar atlet yang begitu luas dan besar. Saya kira ini sangat dan sangat representatif sekali, ini kelas internasional," ujar Tito.

Tito menambahkan, PON 2020 di Papua awalnya 47 cabang olahraga, dan diusulkan Pemprov Papua diundur tahun 2021 karena ada beberapa venue yang belum siap.

Namun, pemerintah pusat meminta PON tetap dilakukan di tahun 2020, dengan konsekuensinya cabang olahraga dikurangi menjadi 37.

Dari 37 cabor, Mimika 12 cabor. Sisanya di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, dan Kabupaten Merauke.

Sementara itu, Sekretaris PB PON Papua sub Mimika Cessar Avianto Tunya mengatakan, di Mimika akan berlangsung 12 cabang olahraga saat PON XX tahun 2020.

Cabor yang diperlombakan di antaranya judo, tarung derajat, bola tangan, futsal, biliar, panjat tebing, bola basket 3 x 3, bola basket 5 x 5,atletik, aeromodelling, terbang layang, dan terjun payung. (**H)


Sumber: KOMPAS.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar