Akira Nishino Marah Latihan Timnas Thailand Diintip Media Malaysia

  • Rabu, 13 November 2019 - 21:45:16 WIB | Di Baca : 1266 Kali

SeRiau - Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino, kembali bereaksi dengan kebijakannya menggelar sesi latihan tertutup, yang diprotes kalangan media tim lawan. Kali ini, insiden terjadi jelang laga kontra Malaysia.

Sesuai jadwal, Timnas Thailand akan menghadapi tuan rumah Malaysia dalam laga keempat penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (14/11/2019).

Rombongan the War Elephants sudah tiba sejak Senin (11/11/2019). Setelah itu, Chanathip Songkrasin dkk. mulai berlatih. Seperti biasa, Timnas Thailand berlatih secara tertutup.

Kebijakan ini mengundang ketidakpuasan dari kalangan media lokal Negeri Jiran. Stadium Astro dalam tulisannya menyatakan Thailand tidak jantan dengan menerapkan kebijakan semacam itu.

Pasalnya, kebijakan itu hanya berlaku untuk media tim lawan, sedangkan media Thailand tetap diizinkan melakukan peliputan.

Stadium Astro menyatakan kebijakan semacam itu sebagai hal tidak profesional.

Akibat kebijakan itu, ditengarai ada media Malaysia yang nekad mengintip serta berupaya mendapatkan rekaman atau foto dari kejauhan di sesi latihan Timnas Thailand yang digelar di Stadion UM Arena, yang terletak di dalam University of Malaya, Kuala Lumpur.

Media Vietnam, The Thao247, menulis saat mengetahui ada aksi itu, Nishino terlihat marah.

Akira Nishino pun angkat bicara perihal insiden ini dalam sesi konferensi pers jelang duel Timnas Thailand melawan Malaysia di Kuala Lumpur, Rabu (13/11/2019).

Nishino menekankan agar kedua pihak menjaga profesionalisme masing-masing.

"Saya pikir petugas keamanan harus bekerja lebih keras dalam situasi itu. Agar pertandingan berjalan adil, saya pikir yang terbaik adalah menerapkan kebijakan seperti ini. Tidak hanya dalam pertandingan kali ini, turnamen ini, melainkan hal ini juga perlu diterapkan dalam setiap pertandingan di dunia ini," ujar pelatih Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 itu, dilansir dari The Thao247.

Kebiasaan Rutin

Sebelum kejadian ini pecah di Malaysia, Akira Nishino sudah menerapkan kebijakan serupa jelang Timnas Thailand menghadapi Indonesia pada laga kedua penyisihan Grup G lalu (10/9/2019).

Sepanjang persiapan di Jakarta, Akira juga menjauhkan sesi latihan tim asuhannya dari media lokal.

Begitu pula saat bersiap di kandang sendiri, sebelum menjamu Vietnam pada matchday pertama Grup G, 5 September 2019. Ketika itu Nishino juga mengeluhkan media Vietnam, yang berupaya keras mengintip latihan tim asuhannya.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung, ketika itu sampai harus turun tangan. Ia berujar, media Thailand tak akan melakukan hal serupa kepada tim lawan. (**H)


Sumber: Bola.com





Berita Terkait

Tulis Komentar