Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru Raih Akreditasi A

SeRiau- Safari gerakan nasional pemberdayaan kegemaran membaca di Provinsi dan kabupaten / kota Tahun 2019 digelar, Rabu (30/10/2019). Dalam kegiatan itu, dilakukan penyerahan sertifikat lantaran Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru mendapat akreditasi A. 

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando menyerahkan langsung sertifikat kepada Kepala Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru, Nelfiyonna. Prosesi penyerahan berlangsung Safari Gerakan Nasional Gerakan Membaca di Ballroom Hotel Aryaduta.

"Ini adalah sertifikat bagi perpustakaan yang terbaik," kata Syarif Bando.

Syarif juga mengapresiasi pengelolaan perpustakaan di Kota Pekanbaru. Apalagi ada inovasi dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru terhadap pengelolaan perpustakaan. 

Ia berharap hal Ini bisa menjadi upaya peningkatan minat baca dan pengembangan perpustakaan. "Kami apresiasi terhadap berbagai inovasi layanan serta kerjasama yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru," jelasnya.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, kegiatan kolaborasi sinergi antara Perpustakaan Nasional RI dengan Pustaka Pekanbaru. Kata dia, gerakan safari adalah gerakan budaya membaca.

"Ini bagus sekali. Bagaimana memasyarakatkan budaya gemar membaca ini. Hanya dengan membaca kita tahu, dengan membaca kita punya ilmu dan keterampilan. Ini mendukung visi Pekanbaru smart citi madani," kata Ayat. 

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru berinovasi dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Ada di antaranya perpustakaan keliling ke sekolah, lapas hingga di Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

Pekanbaru juga punya perpustakaan digital iPekanbaru layanan ini bisa diakses lewat gawai. Lalu menggelar sejumlah kegiatan seperti workshop flash writing, mendongeng atau bimtek pengelola perpustakaan.

Ada juga aneka lomba hingga pameran buku. Dinas juga menjalin kerjasama dengan banyak pihak dalam upaya meningkatkan minat baca.

"Dinas juga mendapat sejumlah hibah buku dan non buku dari berbagai pihak. Serta menjalin kerjasama sebagai upaya meningkatkan minat baca," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru, Nelfiyonna.

Pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Forum Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Pekanbaru, Kampung Dongeng, GenBI, Forum Lingkar Pena serta pihak lainnya. Ada juga kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi serta sekolah.

Sejumlah layanan lainnya dalam upaya peningkatan minat baca yakni ruang kreativitas anak pucuk rebung. "Jadi kita berupaya menarik minat baca dengan berbagai kegiatan," jelasnya. (adv)



Berita Terkait

Tulis Komentar