Sandiaga Uno: Pemerintah Harus Hadirkan Regulasi Permudah Industri 4.0

  • Selasa, 12 November 2019 - 18:23:36 WIB | Di Baca : 1062 Kali

SeRiau - Pengusaha yang juga politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno menyebutkan bahwa pemerintah harus cepat beradaptasi dengan hadirnya industri 4.0 dengan mengeluarkan regulasi yang memudahkan.

"Kuncinya pemerintah harus cepat beradaptasi, bagaimana menghadirkan regulasi-regulasi yang memudahkan industri 4.0 ini untuk bisa bergerak, berkreasi, berinovasi," ujar Sandi usai menjadi pembicara di acara Never Give Up 4.0 di kawasan Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, regulasi yang memudahkan yaitu yang dapat memberikan insentif peluang agar usaha di era saat ini bisa berkembang.

Selain itu, kemudahan dalam berusaha atau easy of doing bussiness juga harus mampu dihadirkan pemerintah agar peluang di industri 4.0 bisa tercapai.

"Ini harus mampu dihadirkan agar peluang 4.0 bisa dikelola untuk memperkuat ekonomi kita," kata dia.

"Sehingga pemerintah pun tidak bisa hanya menunggu bola tapi harus menjemput bola melalui regulasi-regulasi kekinian dan mampu menghadirkan peluang bagi pelaku usaha atau masyarakat," kata dia.

Mantan calon wakil presiden ini pun optimistis pemerintah bisa melakukannya karena ia melihat saat ini pemerintah bisa lebih cepat bergerak.

Saat ini, kata dia, easy of doing bussiness di Indonesia masih tertahan di angka 70. Padahal semestinya Indonesia sudah harus ada di 40 besar dunia terkait hal ini.

"Saya cukup optimistis kalau kita bisa berubah sehingga ranking-nya 40 besar dunia. Kita bisa tangkap peluang lain lagi dan kuncinya never give up dan buat pemerintahan juga harus jemput bola," kata dia. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar