Perajin Batik Lokal Kian Tergerus Tekstil Impor

  • Senin, 23 September 2019 - 21:58:54 WIB | Di Baca : 1365 Kali

SeRiau - Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI) Sekar Jagad meminta pemerintah membatasi impor tekstil bermotif batik untuk melindungi dan melestarikan batik nusantara sebagai warisan tak benda yang telah diakui UNESCO. Bahkan bila perlu, impor tekstil bermotif batik dihilangkan.

"Harus dibatasi atau malah dihilangkan," kata pengurus Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad Hani Winotosastro dalam dialog "Batik, Warisan Budaya Nusantara dan Solusi di Era Ekonomi Global" di Yogyakarta, Senin (23/9).

Menurut Hani, kemunculan tekstil bermotif batik di pasaran lebih dari lima tahun terakhir cukup dirasakan oleh perajin batik lokal. Harga tekstil bermotif batik yang dibanderol jauh lebih murah membuat penjualan para pelaku usaha batik lokal menurun.

"Kami merasakan dampaknya karena memang bersaing sekali. Harganya (tekstil bermotif batik) dijual murah sampai Rp25.000 per potong," kata dia.

Para perajin maupun pelaku usaha batik tulis lokal, menurut dia, tidak bisa mencegah serbuan tiruan batik tersebut karena justru banyak digemari masyarakat. "Kami berharap para pengusaha batik jujur menjelaskan kepada konsumen mana batik asli dan tekstil bermotif batik," kata dia.

Untuk menghadapi tantangan itu, Hani yang juga pemilik merek Batik Winotosastro mengatakan para perajin batik perlu mengikuti tren fesyen yang berkembang saat ini. "Batik harus berkembang menyesuaikan kebutuhan konsumen. Sekarang sudah mulai bermunculan anak-anak muda yang membuat batik kontemporer," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Industri Logam, Sandang dan Aneka, Disperindag DIY, Intan Mestikaningrum mengatakan, untuk melestarikan dan meningkatkan daya saing IKM Batik di Yogyakarta, pihaknya terus menggencarkan pelatihan dan memfasilitasi pameran batik baik di dalam maupun luar negeri.

"Untuk melestarikan batik, Pemda DIY juga telah mendirikan Museum Batik Jogja serta forum batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi," kata dia.

Ia menyebutkan hingga saat ini tercatat sebanyak 715 unit usaha batik di DIY dengan total jumlah tenaga kerja mencapai 2.760 orang. Adapun sentra industri batik di DIY antara lain terdapat di Dusun Tancep, Trembowo (Kabupaten Gunung Kidul), Imogiri, Pandak (Kabupaten Bantul), Sapon, Gulurejo, Lendah (Kulon Progo), Turi/lereng merapi (Kabupaten Sleman), dan Taman Sari (Kota Yogyakarta). (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID





Berita Terkait

Tulis Komentar