Ada Produk Illegal Beredar di Pekanbaru

Azwendi : Bea dan Cukai Harus Tekan Peredaran Barang Ilegal

  • Senin, 26 Agustus 2019 - 16:55:33 WIB | Di Baca : 1119 Kali
Tengku Azwendi Fajri SE Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru



 


SeRiau- Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri,SE meminta Bea dan Cukai Pekanbaru untuk terus menekan masuknya produk produk ilegal seperti rokok, obat-obatan maupun produk ilegal lainnya, yang kini tengah menjadi persoalan hangat ditengah masyarakat.

"Jangan ragu kalau bertindak, kalau memang ada kendala mungkin bisa berkordinasi dengan reskrimsus setempat. Jangan sampai nanti dinilai ada kucing-kucingan," ujarnya saat berbincang bersama wartawan, Senin (26/8/2019).

Politisi Demokrat ini juga berharap, barang-barang yang berhasil disita dan saat ini berada di gudang Bea dan Cukai untuk segera dimusnahkan jika memang sudah ada keputusan hukum tetap.

"Musnahkan saja kalau memang sudah ada keputusan hukum tetap. Namun bagi yang belum, telusuri dan ungkap pemiliknya," tegasnya.

Azwendi juga tak menampik bahwasanya banyak kabar yang beredar terkait masuknya peredaran barang ilegal ke Pekanbaru, namun ia tak mau gegabah menilai apakah itu sebuah kegagalan dari satu instansi.

"Kalau kita pikir ini sepatutnya memang butuh kerjasama antara beberapa pihak, tak terkecuali kita selaku masyarakat untuk melaporkan kepada pihak terkait," ucapnya.

Disamping itu dia pun berharap agar ada pembinaan terhadap pelaku usaha, seperti pengusaha rokok. Alasannya, penindakan saja tidak cukup untuk menyadarkan pengusaha ataupun pelaku industri rokok skala kecil.

“Sehingga perusahaan rokok yang ilegal dibina supaya menjadi legal, membayar cukai dan pajaknya secara benar. Yang legal dijaga supaya makin patuh, yang ilegal ditertibkan dan dibina,” pungkasnya.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar