Romo Magnis Minta Polemik Ceramah UAS Dihentikan

  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 18:44:47 WIB | Di Baca : 1210 Kali

SeRiau - Filsuf Franz Magnis Suseno memberikan pendapatnya terkait polemik ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS). Pria yang akrab disapa Romo Magnis itu meminta agar polemik ceramah UAS itu sebaiknya segera dihentikan.

"Kasus ini menurut saya sudah cukup ramai, jadi sekarang dihentikan saja," kata Romo Magnis di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Dia menilai ceramah UAS yang dipersoalkan merupakan ceramah lama. Romo Magnis heran mengapa ceramah yang sudah lama itu sekarang baru dipermasalahkan.

"Tentu saja mengapa sudah tiga tahun diangkat? Saya sendiri menanggapi juga bahwa pada umumnya kita bicara tentang agama lain secara ketawa-ketiwi itu bukan tanda kebijaksanaan, tapi tanda kesombongan. Apakah dia kenal atau tidak menurut saya itu sudah cukup tidak merupakan satu peristiwa yang amat penting," tegas Romo Magnis.

Romo Magnis meminta jangan membandingkan kasus UAS dengan kasus yang pernah menjerat Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

"Tentu saja kasus Ustaz Somad juga dilihat oleh orang-orang yang dalam kaitan kasus Ahok. Ahok yang jelas tidak menghina tapi menyinggung, malah penuh kebencian dan aksi besar-besaran dibawa ke pengadilan dan dihukum dua tahun," ucap Romo Magnis.

"Ada yang merasa orang bisa menertawakan patung salib, kalau saya sih ya enggak apa-apa itu salib, tidak terkenal apa ada jin atau tidak, peduli amat saya," tambahnya. 

Ia berharap masyarakat tidak membesar-besarkan semua permasalahan yang ada di Indonesia. Masyarakat harus bijak dalam menyikapi permasalahan.

"Sebetulnya dalam semua kasus kita harus tenang-tenang saja, jadi tidak semuanya dilebih-lebihkan," tutur Romo Magnis. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar