Program KOSMP Belum Dimulai, Ini Penjelasan Dispora Pekanbaru

  • Kamis, 25 Juli 2019 - 12:22:01 WIB | Di Baca : 1150 Kali
Kepala Dinas Pemuda dn Olahraga Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian

SeRiau - Program Kelas Olahraga Sekolah Menengah Pertama (KOSMP) yang digerakkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Pekanbaru bersama Dinas Pendidikan dan KONI Pekanbaru belum dimulai di masing-masing sekolah yang telah ditetapkan.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Sekolah SMPN 10 Pekanbaru, Raja Izda Chairani, mengatakan bahwa program KOSMP dari Dinas Pemuda dan Olahraga Pekanbaru belum dimulai.

Karena program kelas olahraga itu dari Dispora, dan kita hanya menerima siswa yang masuk ke kelas olahraga. Jadi, itu tergantung dari Disporanya, kita hanya menyediakan siswa untuk itu, kalau programnya yang menjalankan Dispora," kata Izda, Rabu (24/7/2019).

"Dari 25 kuota siswa untuk kelas olahraga, baru 15 siswa yang masuk. Nah, untuk memenuhi kuota tersebut, kita dari sekolah lakukan seleksi siswa yang masuk melalui jalur reguler. Karena siswa baru maupun orangtua masih banyak yang ragu memasukkan anaknya," sebutnya.

Dan untuk seleksi siswa yang masuk kelas olahraga tersebut kata Izda, akan selesai pada minggu ini. "Jumat sudah selesai, dan mungkin pada minggu depannya sudah bisa dimulai," ucapnya.

Terkait hal itu, Zulfahmi Adrian selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, melalui selularnya mengakui bahwa memang program KOSMP tersebut belum dimulai.

"Memang belum kita mulai, karena kita biarkan dulu mereka familiar dengan sekolah. Kan ada MOS (Masa Orientasi Siswa), biarkan aja mereka familiar dengan sekolahnya. Nanti setelah itu baru masuk program kita," kata Zulfahmi melalui selularnya, Rabu (24/7/2019).

"Dalam waktu dekat ini, mungkin awal Agustus sudah bisa kita mulai," lanjutnya

Ia menambahkan, bahwa program kelas olahraga ini perlu sosialisasi dulu, jadi tidak langsung latihan keras kepada siswa. "Kita tidak langsung melatih siswa kerja keras tidak, kita menerapkannya pelan-pelan," katanya.

"Awalnya tentu sosialisasi dulu kepada siswa, apa dan bagaimana aturan yang disepakati disekolah, pelatih, guru olahraga dan murid" ujarnya.

Untuk pelaksanaan program kelas olahraga kata Zulfahmi, pelaksanaan kelas olahraga akan dilaksanakan diluar jam sekolah.

Diketahui sebelum-sebelumnya, bahwa program KOSMP tersebut diterapkan di dua SMP Pekanbaru, yaitu SMPN 10 dan SMPN 13. Dalam program KOSMP tersebut ada 5 cabang olahraga yang masuk dalam pembinaannya, yaitu cabang olahraga Silat, Bulutangkis, Takraw, Renang, dan Futsal. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar