Kunker Ke Kuansing, Bawaslu Riau Bahas Kesiapan Pilkada Tahun 2020

  • Selasa, 23 Juli 2019 - 21:45:25 WIB | Di Baca : 994 Kali

SeRiau - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke  Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Kunjungan Kerja (Kunker) tersebut dilakukan untuk membahas kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Kuansing, Diyanto Mampanini, Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, bersama rombongan, kemudian Ketua Bawaslu Kabupaten Kuansing, Mardius Adi Saputra beserta anggota, dan Ketua KPU Kabupaten Kuansing Ahdanan beserta komisioner.

Pada pertemuan yang membahas kesiapan pemerintah daerah dalam memfasilitasi pelaksanaan Pilkada 2020 tersebut Rusidi Rusdan menjelaskan tentang anggaran yang diusulkan Bawaslu terkait honor (gaji) pengawas Ad-hoc yakni Panwas Kecamatan, Panwas Kelurahan/Desa, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (Pengawas TPS).

"Selain honor, anggaran tersebut sudah termasuk dalam anggaran Pokja, Sentra Gakumdu, serta anggaran persidangan-persidangan terkait masalah pemilu," jelas Rusidi, Senin (22/7/2019).

Lanjut dikatakan Rusidi, sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, bahwa pemerintah dan pemerintah daerah memfasilitasi Pilkada Periode 2020 - 2025.

Sementara itu, Diyanto Mampanini selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing bersama Ir.H.Maisir dan jajarannya  merespon positif kunjungan tersebut dan meminta kepada pihak Bawaslu dan KPU untuk menyampaikan usulan tersebut kepada Bupati Kabupaten Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si. dan kepada tim TAPD agar tidak terjadi timpang tindih anggaran antara APBN dan APBD.

Selain itu, Sekda Diyanto meminta kepada Bawaslu dan KPU untuk mengefisiensikan anggaran tersebut dikarenakan tahun 2020 banyak kegiatan pemerintah lainnya.

"Terimakasih atas kehadiran bapak-bapak semua, untuk usulan anggaran ini akan saya sampaikan kepada bapak Bupati dan tim TAPD kami. Namun mengingat tahun 2020 terdapat beberapa kegiatan dengan skala prioritas, kami mohon untuk mengefisiensikan anggaran tersebut," sebutnya.

Kemudian Ketua Bawaslu Kuantan Singingi, Mardius Adi Saputra, dalam pertemuan tersebut mengusulkan anggaran tersebut, Bawaslu mengusulkan anggaran berbasis kinerja yang sesuai dengan misi Bawaslu, mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas. Rls





Berita Terkait

Tulis Komentar