Bangun Bengkel Sparepart Pesawat Di Indonesia Jadi Upaya Pemerintah Hadirkan Tiket Murah Tiap Hari

  • Senin, 22 Juli 2019 - 23:17:59 WIB | Di Baca : 1497 Kali

SeRiau - Kebijakan insentif fiskal akan diterapkan sebagai solusi agar penurunan harga tiket pesawatLow Cost Carrier (LCC) rute domestik bisa dilakukan setiap hari, atau tidak terjadwal. 

Hal itu disampaikan Pemilik Grup Lion Air Rusdi Kirana usai menghadiri rakor tertutup mengenai monitoring dan evaluasi kebijakan penurunan tarif angkutan udara di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Gedung Ali Wardhana Lantai IV, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat, Senin (22/7). 

"Sekarang Pak Menko (Darmin Nasution) dan Pak Menhub (Budi Karya) idenya bagaimana, idenya dari Senin sampai Minggu, dari pagi sampai pagi, untuk itu akan diusahakan ada namanya insentif fiskal," ungkap Rusdi. 

Ia menjelaskan, salah satu contoh dari kebijakan itu yakni, dengan membangun bengkel-bengkel pesawat di tanah air, sehingga para maskapai tidak perlu lagi mengirim suku cadang pesawat dari luar negeri.

"Salah satunya adalah ban. Bagaimana membangun assembly ban di Indonesia. Nah biaya perbaikan ban tidak terlalu masalah. Masalah kami adalah, kami harus stok lebih tinggi karena kan ke luar negerin (membeli ban)," lanjutnya. 

Menurutnya, membangun bengkel suku cadang pesawat di Indonesia, maka akan mengurangi biaya suku cadang pesawat. Otomatis dengan berkurangnya biaya suku cadang maka dapat menekan harga tiket pesawat. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar