Rekor Apik Tottenham di 'All English Final' Turnamen Eropa

  • Selasa, 28 Mei 2019 - 10:11:12 WIB | Di Baca : 974 Kali


SeRiau - Jelang laga final Liga Champions 2018/2019, Tottenham Hotspur punya catatan rekor lebih bagus dibanding Liverpool saat melawan tim Inggris atau 'All English Final' di turnamen Eropa. 

Sepanjang sejarah turnamen di Eropa, pertemuan dua tim asal Inggris di partai final baru terjadi dua kali. Sebelum laga Tottenham melawan Liverpool di final Liga Champions 2019, pertemuan Manchester United kontra Chelsea di final Liga Champions lebih dulu digelar musim 2008 lalu. 

Liverpool lebih berpengalaman tampil di Liga Champions dengan delapan kali penampilan di final. Total, sudah lima gelar juara dibawa pulang ke Anfield; 1977, 1987, 1981, 1984, 2005 dan tiga lainnya berakhir sebagai runner up. 

Namun, dari delapan kali penampilan di final tidak ada satupun lawan Liverpool yang merupakan tim asal Inggris. Pada 1977, The Reds berhadapan dengan klub asal Jerman, Borussia Monchengladbach, kemudian melawan Club Brugge dari Belgia pada 1987. 

Pada edisi 1981, Liverpool menang 1-0 saat berhadapan dengan klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Dilanjutkan dengan 1984 menghadapi Roma, lalu menang atas AC Milan pada 2005. 

Sementara Tottenham belum sekalipun mencicipi partai final di Liga Champions. Meski begitu, Tottenham lebih unggul dari segi pengalaman saat menghadapi tim asal Inggris di final turnamen Eropa. 

Tottenham pernah tampil di final Piala UEFA yang saat ini berganti menjadi Liga Europa pada musim 1972. Kala itu, Tottenham berhadapan dengan sesama tim asal Inggris, Wolverhampton Wanderes dan menang dengan agregat 3-2. 

Hasil itu bisa jadi modal bagus buat Tottenham saat menghadapi Liverpool di final Liga Champions 2019 yang bakal digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6) WIB. 

Dalam perjalanannya menuju final, Tottenham lolos dari fase penyisihan Grup B sebagai runner up di bawah Barcelona. Kemudian mengalahkan Borussia Dortmund 4-0 di babak 16 besar sebelum mengalahkan Manchester City lewat unggul gol tandang dengan agregat 4-4. 

Di babak semifinal, Tottenham berhasil menyingkirkan Ajax Amsterdam yang tampil perkasa sejak awal musim. Lagi-lagi kemenangan itu setelah Tottenham menang pada gol tandang dengan agregat 3-3. 

Sedangkan Liverpool merupakan runner up Grup C di bawah Paris Saint-Germain. Usai menang 3-1 atas Bayern Munchen di 16 besar, Liverpool kembali menang meyakinkan 6-1 atas Porto. 

Di semifinal, Liverpool dengan perkasa memulangkan raksasa Spanyol, Barcelona untuk meraih tiket ke final Liga Champions 2019.

 

 

 

Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar