GP Ceska Terancam Dicoret dari Kalender MotoGP Musim 2021

  • Ahad, 26 Mei 2019 - 19:00:45 WIB | Di Baca : 454 Kali

SeRiau - Dorna Sports selaku operator MotoGP mengeluarkan ultimatum kepada penyelenggara balapan di Sirkuit Brno untuk segera memperbaharui kontrak. Jika itu tak terjadi, balapan GP Ceska dipastikan akan dicoret dari kalender musim 2021.

Situasi itu terjadi karena sampai saat ini pihak penyelenggara GP Ceska, Spolek Pro GP CR belum memperpanjang kontrak dengan Dorna. Padahal, kontrak kerja sama mereka akan berakhir pada pengujung musim 2020.

Mandeknya perbaharuan kontrak terjadi karena pemerintah setempat enggan bersedia membayar subdisi untuk menggelar GP Ceska secara penuh. Pemerintah setempat hanya mampu memberikan subsidi sebesar 1,56 juta euor (Rp 25,1 miliar) dari kesepakatan seharusnya sebesar 2,6 juta euro (Rp 41,9 miliar) kepada Spolek Pro GP CR.

Loading...

Padahal, untuk menggelar balapan GP Ceska membutuhkan biaya sebesar 4,1 juta euro (Rp 61,1 miliar). Saat ini, Dorna Sports sedang melakukan negosiasi perpanjangan kontrak bersama Pemerintah Kota Brno, Pemerintah Provinsi Moravia Selatan, dan Pemerintah Ibu Kota Praha.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyebut saat ini pihaknya tak segan mencoret GP Ceska pada musim 2021. Hal itu terjadi karena banyak permintaan dari seluruh penjuru dunia untuk menambah balapan.

"Kami punya banyak permintaan dari seluruh penjuru dunia saat ini. Finlandia sudah ada untuk balapan 2020. Selain itu ada Indonesia, Brasil, Mexico City (Meksiko), Portimao (Portugal), dan lainnya yang masuk daftar tunggu," kata Carmeloo Ezpeleta seperti dikutip Tuttomotoriweb, Minggu (26/5/2019).

"Oleh karena itu, Dorna dalam waktu dekat akan membuat ultimatum dengan penyelenggara GP Ceska. Jika pembayaran tidak tiba pada waktunya yakni pengujung 2020, maka seri tersebut akan dicoret dari balapan," tegas pria asal Spanyol itu.

Sirkuit Brno sudah menjadi tuan rumah MotoGPsejak 1993. Tahun ini, balapan GP Ceska akan berlangsung pada 4 Agustus mendatang. (**H)


Sumber: Bola.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar