Peserta Piala Dunia 2022 Dipastikan Tetap 32 Tim

  • Kamis, 23 Mei 2019 - 03:17:09 WIB | Di Baca : 1095 Kali

 

 

SeRiau – Federasi Sepakbola Dunia, FIFA, akhirnya memutuskan kontestan Piala Dunia 2022 di Qatar hanya 32 tim. Sebelumnya, badan yang bermarkas di Zurich, Swiss, itu kukuh menambah jumlah peserta putaran final menjadi 48 mulai edisi berikutnya.

Wacana untuk menambah kontestan tersebut sudah berkali-kali diutarakan Presiden FIFA, Gianni Infantino. Pria asal Italia itu bahkan mendapat dukungan dari pihak penyelenggara di Qatar yang juga menginginkan jumlah peserta ditambah.

Dewan FIFA dan Qatar sudah melakukan studi kelayakan serta kesiapan negara tersebut untuk menampung 48 tim nasional (timnas) negara peserta, termasuk melibatkan negara-negara tetangga. Opsi tersebut diambil karena Qatar hanya memiliki luas wilayah 11.581 kilometer persegi.

Selain melibatkan negara tetangga, FIFA dan Qatar mempertimbangkan untuk menurunkan standar penyelenggaraan demi mengakomodasi 48 tim tersebut. Sayangnya, hasil analisa bersama tidak memungkinkan untuk diselenggarakannya Piala Dunia 2022 dengan 48 tim.

“Hasil analisa bersama menyimpulkan bahwa karena persiapan yang sudah memasuki tahap lanjutan dan penilaian rinci terhadap dampak logistik potensial pada negara tuan rumah, butuh lebih banyak waktu, keputusan tidak bisa diambil sebelum batas waktu pada Juni (2019),” bunyi pernyataan yang tertera di situs resmi FIFA, Kamis (23/5/2019).

“Atas berbagai pertimbangan tersebut, diputuskan opsi itu tidak akan diambil. Piala Dunia 2022 di Qatar dengan demikian akan tetap diikuti 32 peserta dan tidak ada proposal lain yang diajukan pada Kongres FIFA berikutnya, 5 Juni 2019,” bunyi penutup pernyataan resmi tersebut.

 

 

 

 

Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar