KPU: Lembaga Survei Tidak Kredibel Dicuekin Saja

  • Sabtu, 09 Maret 2019 - 14:22:51 WIB | Di Baca : 1033 Kali

SeRiau - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asya'ari meminta perusahaan media massa tidak meliput hasil lembaga survei yang tidak kredibel.

"Lembaga survei kayak begitu (tidak kredibel) dicuekin saja. Enggak usahlah ditanggapi. Media tidak usah ikut-ikutan mempublikasikan," ujar Hasyim dalam acara diskusi publik di Menteng, Jakarta, Sabtu (9/3/2019).

"Kalau seperti itu kan mereka berpikir, ini sudah bikin kontroversi, enggak ada juga yang memperhatikan. Pusing juga kan," lanjut dia.

Pihak yang membayar hasil survei itu demi kepentingan mereka, lanjut Hasyim, juga pasti merasa usahanya untuk memengaruhi persepsi publik tak terwujud.

"Nanti orang yang bayar juga berpikir, elu sudah gua bayar mahal- mahal, disuruh bikin kontroversi, malah enggak muncul juga di media," ujar Hasyim.

Ia melanjutkan, lembaga survei memiliki peran penting terhadap proses pemilu. Pasalnya, lembaga survei membantu meneruskan informasi tentang hasil pemilu.

Namun, itu hanya terjadi apabila lembaga survei kredibel dalam kinerjanya. Sementara, lembaga survei yang tidak kredibel tentu tidak memikirkan metode kinerja.

Bagi mereka, yang terpenting adalah memenuhi pesanan sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat bukanlah kenyataannya.

Hasyim sekaligus mendorong wadah kode etik lembaga survei untuk melawan geliat lembaga survei abal-abal yang tak kredibel.

"Karena dialah (lembaga kode etik) lembaga survei lah yang bisa menilainya. Salah satunya misalnya Persepi. Meski (lembaga survei tidak kredibel) bukan anggota asosiasi, tapi bisa memberi gambaran umum," ujar dia. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar