Anjing Gila Serang Puluhan Warga, Belasan Korban Dievakuasi ke Puskesmas

  • Kamis, 21 Februari 2019 - 19:04:41 WIB | Di Baca : 1294 Kali

SeRiau - Puluhan warga di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menjadi korban serangan anjing gila

Selain menyerang warga, anjing gila tersebut juga menyerang ternak unggas.

Belasan korban telah dirawat dan langsung diberikan vaksinasi guna mencegah penyebaran virus rabies.

Serangan anjing gila yang mulai terjadi sejak Selasa (19/2/2019) lalu ini telah mengakibatkan puluhan warga Desa Jonjo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa menjadi korban.

Belasan korban yang didominasi anak-anak dirawat di Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas) Parigi guna mendapatkan perawatan medis.

"Di dusun sini ada tiga orang kalau di dusun lain ada belasan orang yang digigit, " kata Ati, salah seorang warga Dusun Baliti, Desa Jonjo yang dikonfirmasi langsung Kompas.compada Kamis (21/2/2019).

Selain menyerang warga, anjing gila dengan ciri berbulu lebat dengan warga coklat ini juga menyerang ternak warga.

"Awalnya saya tidak lihat itu anjing, yang saya dengar cuma suara ternak bebek saya yang ribut, jadi saya pergi lihat. Tiba-tiba saya diserang anjing gila," kata Sondeng (73), salah seorang korban yang mengalami luka gigitan pada kedua lengan.

Pihak puskesmas mengaku bahwa para korban hanya menjalani rawat jalan setelah seluruh luka pasien ditangani secara medis dan diberikan vaksin.

"Kalau yang kami rawat di sini jumlahnya 11 pasien korban gigitan anjing dan ada tiga orang yang parah dan harus menjalani jahitan akibat gigitan anjing" kata Mery, staf Puskesmas Parigi kepada Kompas.com, Kamis (21/2/2019). (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar