Pentingnya Perempuan Dongkrak Partisipasi Pemilih di Pemilu 2019

  • Sabtu, 09 Februari 2019 - 10:38:39 WIB | Di Baca : 651 Kali

 

SeRiau - Selama ini jumlah pemilih perempuan pada setiap penyelenggaraan Pemilu, jauh lebih banyak dari pada kaum laki laki. 

Oleh sebab itu, perempuan sangat berperan penting dalam mendongkrak partisipasi pemilih, supaya bisa bisa mencapai 100 persen dari DPT.

Loading...

"Kaum perempuan harus pro aktif dan gencar mensosialisasikan pentingnya memilih pada Pemilu 2019. Baik kepada suami dan anak anak, lingkungan dan masyarakat banyak," kata Ketua KPU Kota Pekanbaru Yeli Noviza, saat menggelar sosialisasi kepada kaum perempuan di Masjid Mujahidin, Jalan Jenderal Pekanbaru, Jumat (08/02).

Selain itu, kaum perempuan harus selektif dalam penentuan calon. Baik calon presiden, DPD maupun calon legislatif. Karena melalui pemberian suara, akan menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan.

Kemudian kaum perempuan harus bisa menghafal nama calon. Karena surat suara yang memakai gambar foto yaitu, surat suara calon presiden dan wakil presiden serta surat suara DPD RI.

Sementara untuk surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota tidak ada gambar foto. Yang ada hanya nomor dan logo partai serta nama calon legislatif.

Saat mencoblos, lakukan dalam kotak. Karena jika kena garis atau diluar kotak maka suara akan hangus.

"Melalui sosialisasi ini, diharapkan kaum perempuan bisa mengerti dan paham tentang tata cara pencoblosan surat suara pada hari 'H' nanti, yaitu Rabu 17 April 2019," ujar Yeli (rls/zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar