Diduga Monopoli Harga Avtur, Jokowi 'Sentil' Pertamina

  • Selasa, 12 Februari 2019 - 09:41:49 WIB | Di Baca : 1223 Kali

 

SeRiau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memanggil memanggil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, untuk meminta kejelasan soal harga avtur di dalam negeri. Dia mengaku baru mengetahui bahwa Pertamina merupakan perusahaan yang memonopoli harga avtur.

"Besok pagi saya akan undang Dirut Pertamina," tutur Jokowi, Senin Malam (11/2/2019).

Presiden menyiapkan dua pilihan ke Pertamina. Jokowi meminta perusahaan minyak dan gas milik BUMN tersebut membuat harga avtur sesuai dengan pasar Internasional.

Kepala negara juga mengatakan, Pertamina harus menjadikan perusahaan lain memasok permintaan avtur jika tidak bisa membuat harga sesuai pasar internasional.

"Pilihannya hanya satu, harganya bisa sama dengan harga Internasional tidak? Kalau tidak bisa, saya akan masukkan kompetitor lain. Sehingga terjadi kompetisi," kata dia.

Menurutnya, monopoli Pertamina dalam memasok avtur akan mengakibatkan tingginya harga avtur dalam negeri. Monopoli, kata Jokowi, akan berdampak negatif kepada sektor-sektor lainnya.

"Karena memang segitu menggangu, saya belum sempat mengundang, tapi sudah disampaikan dulu Pak Hariyadi (Ketua PHRI-red)," kata dia.

 

 

 

Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar