Ini Jumlah Peserta UN/ US SLBN Pembina: Kepsek: Semua Siswa Siap Hadapi UN/US

  • Ahad, 20 Januari 2019 - 15:31:11 WIB | Di Baca : 3617 Kali

 

SeRiau - Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Pekanbaru merilis jumlah peserta Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) tahun ini. Peserta ujian dibagi dua, ada peserta yang mengikuti ujian nasional dan ada peserta yang mengikuti ujian sekolah.

" Kalau sekolah umum, siswa yang mengikuti ujian nasional otomatis mengikuti ujian sekolah. Beda hal dengan di SLB, siswa yang ikut ujian sekolah belum tentu ikut ujian nasional. Jadi ada dua kelompok siawa yang ikut ujian nasional dan siswa yang ikut ujian sekolah," kata Kepala SLB Negeri Pembina Makmur, Sabtu (19/1) di Pekanbaru.

Menurut Makmur, peserta didik yang bisa mengikuti ujian nasional adalah anak yang  memiliki IQ normal seperti anak Tuna Netra, Tuna Runggu dan Tuna Daksa. Sedangkan peserta didik yang mengikuti ujian sekolah adalah siswa yang memiliki IQ dibawah standar seperti siswa Tuna Grahita." Itu sebabnya di SLB ada siswa yang ikut ujian sekolah tapi tidak ikut ujian nasional. Beda dengan sekolah umum," ujar Makmur

Jumlah peserta didik SLBN Pembina yang mengikuti ujian nasional jenjang SDLB sebanyak 7 orang terdiri dari 5 siswa tuna runggu dan 2 siswa tuna daksa. Jenjang SMPLB ada 6 orang semuanya dari tuna runggu dan SMALB ada 3 orang terdiri dari 2 siswa tuna runggu dan 1 siswa tuna daksa. Sementara untul siswa ujian sekolah, jumlah peserta dari SLBN Pembina berjumlah 70 orang terdiri dari 30 siswa SDLB, 27 siswa SMPLB dan 13 orang siswa SMALB. Mengenai persiapan ujian sekolah dan ujian nasional, sekolah sudah mempersiapkan secara matang baik dari segi pembelajaran maupun kesiapan siawa." Ya kita sudah terapkan jam belajar tambahan oleh masing masing guru kelas," kata Makmur

Ditambahkan Makmur, tahun lalu, SLBN Pembina ditunjuk sebagai tempat penyelenggara ujian nasional bagi siswa SLB se- Pekanbaru untuk jenjang SDLB dan SMPLB. Sedangkan SMPLB dipercayakan kepada SLB Sri Mujinab Pekanbaru." Kalau untuk tahun ini kita belum menerima surat dari Disdik Riau apakah masih ditunjuk sebagai tempat penyelenggara ujian nasional atau tidak. Kita belum terima surat pemberitahuannya," kata Makmur. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar