Barcelona Terancam Didiskualifikasi dari Copa del Rey

  • Jumat, 18 Januari 2019 - 10:13:44 WIB | Di Baca : 1089 Kali

 


SeRiau - Barcelona terancam didiskualifikasi dari Copa del Rey setelah diduga menggunakan pemain tidak sah saat melawan Levante pada leg pertama babak 16 besar, 10 Januari lalu.

Barcelona berhasil lolos ke babak perempat final Copa del Rey setelah menang 3-0 atas Levante pada leg kedua 16 besar di Camp Nou, Kamis (17/1) malam waktu setempat. Dua gol dari Ousmane Dembele dan satu gol Lionel Messi membuat Barcelona lolos dengan agregat 4-2.

Barcelona terancam didiskualifikasi dari Copa del Rey meski menang atas Levante. Pasalnya, Levante mengajukan protes kepada Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan menuding Barcelona menggunakan pemain tidak sah di leg pertama.

Pemain tidak yang dimaksud Levante adalah bek 19 tahun Juan 'Chumi' Brandariz. Levante menganggap Chumi tidak bisa bermain di leg pertama karena sedang menjalani hukuman yang didapat saat memperkuat tim Barcelona B.

Pihak Barcelona menyakini Chumi masih bisa bermain untuk tim senior karena mendapat sanksi bersama tim B. Laporan El Mundo, dikutip dari Marca, juga mengabarkan Barcelona sudah memastikan status Chumi bisa bermain 48 jam sebelum laga leg pertama melawan Levante.

Menariknya, pihak Marca mengkonfirmasi langsung ke RFEF terkait status Chumi. Pihak RFEF menyatakan Chumi seharusnya tidak bisa bermain setelah mendapat lima kartu kuning saat memperkuat tim Barcelona B. Kondisi itu membuat Barcelona seharusnya didiskualifikasi dari Copa del Rey.

Berdasarkan peraturan kode disiplin turnamen Copa del Rey, Chumi seharusnya tidak bisa memperkuat Barcelona di leg pertama.

"Hingga pemain menyelesaikan hukuman dengan tim mereka, sang pemain tidak bisa tampil untuk tim manapun. Pemain terhukum tidak bisa ambil bagian dalam salah satu tim atau klub dalam kategori di mana mereka melakukan pelanggaran tersebut, sampai mereka telah menyelesaikan hukuman," bunyi kode disiplin pasal 56.3 Copa del Rey.

RFEF seharusnya akan mengumumkan Barcelona didiskualifkasi di Copa del Rey atau tidak hari ini, Jumat (18/1). Pasalnya, undian babak perempat final akan digelar malam waktu setempat. 

 

 

Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar