Harga BBM di Sitaro Mencapai Rp 30.000 Per Liter, Anggota DPRD Mengeluh ke Wagub

  • Rabu, 16 Januari 2019 - 19:15:17 WIB | Di Baca : 1403 Kali

SeRiau - Harga bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, capai Rp 30.000 per liter.

Melonjaknya harga ini dinilai karena gelombang tinggi yang terjadi di daerah itu beberapa hari ini, sehingga kapal pengangkut BBM sulit tembus.

Tingginya harga BBM di Sitaro ini diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Sulut Meiva Lintang saat rapat paripurna tutup buka masa sidang, Rabu (16/01/2019).

"Pak Wakil Gubernur, minyak di Sitaro sampai Rp 30.000 per liter. Dan ini sangat luar biasa terjadi. Ini bukan hoaks," bebernya di hadapan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Menurut dia, kenaikan harga BBM tersebut juga diikuti dengan kelangkaan gas elpiji.

“Ini penting sekali. Menjelang Natal dan Tahun Baru lalu, kita tahu bersama cuaca buruk dan laut bergelombang, tapi jangan dijadikan alasan HET tidak dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan, harga BBM se-Indonesia sama. Tetapi, ia mengakui, susahnya kapal pengangkut masuk ke daerah kepulauan dimanfaatkan pihak-pihak tertentu mengambil keuntungan dengan menaikkan harga BBM.

“Masalahnya supply-nya kurang, demand-nya tetap sama. Jadi ada yang iseng-iseng mainkan harga. Mudah-mudah kalau kapal sudah normal, harga juga ikut normal,” kata Kandouw.

Menanggapi hal ini, Roby Hervindo, Manager Comm dan CSR Pertamina Sulawesi menjelaskan, naiknya harga kemungkinan besar di tingkat pengecer yang lokasinya jauh dari SPBU Kompak.

"Kalau di pengecer, menjadi kewenangan pemda untuk menertibkan. Karena pengecer bukan distributor resmi BBM. Bahkan mengacu pada PP 191 tahun 2014, tidak ada lembaga penyalur "pengecer", jadi mereka tidak ada dasar hukumnya," jelas dia.

Roby membantah adanya kendala penyaluran BBM.

"Ricek ke lapangan, tidak ada kendala dalam penyaluran. Saat ini stok di SPBU Kompak untuk premium sebanyak 3.000 liter, solar 1.000 liter. Kapal saat ini sedang menuju ke SPBU Kompak Siau dengan cargo premium 55.000 liter dan solar 15.000 liter," katanya. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar