Kapolda Jatim: Kami Harap Nella Kharisma dan Via Vallen Kooperatif

  • Senin, 17 Desember 2018 - 19:01:30 WIB | Di Baca : 583 Kali

SeRiau - Ditreskrimsus Polda Jatim menyelidiki kasus kosmetik ilegal berbahaya yang melibatkan sejumlah artis endorse ternama. Dua artis dangdut, yaitu Via Vallen dan Nella Kharisma diharapkan menjadi saksi kunci atas beredarnya produk kosmetik ilegal tersebut.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menjelaskan, pihaknya akan memanggil empat artis ternama yang sempat menjadi endorser atau bintang iklan media sosial sebagai saksi penting penyelidikan.

"Ada empat artis yang kami lakukan pemanggilan, baru NK dan VV yang baru konfirmasi. Yang lain akan kita upaya untuk panggil," ujar perwira bintang dua polisi ini pada wartawan, di Mapolda Jatim, Senin (17/12).

Loading...

Luki menjelaskan, penyidik telah mengembangkan kasus dengan UU Perlindungan Konsumen beserta sejumlah saksi ahli. Selanjutnya, saksi ahli mendorong dipanggilnya artis endorser untuk memperkuat pemeriksaan.

"Karena ini penting sekali terkait kasus kosmetik ini. UU Kesehatan sudah diproses, UU perlindungan sedang dikembangkan, sangat penting mengundang saksi artis, sesuai permintaan saksi ahli," imbuhnya.

Diduga dengan peran para artis ini membuat masyarakat cukup percaya dan tertarik mengkonsumsinya. Menurut Luki, sejumlah artis memperoleh bayaran yang cukup besar bervariatif atas iklan produk ini.

"Bayarannya itu per minggu kisaran Rp 7-15 juta dan sudah dua tahun. Jadi cukup besar dan berpengaruh pada masyarakat. Banyak masyarakat bertanya pengembangan. Kita prioritas penanganan sampai tuntas," tegas Luki.

Luki berharap, sejumlah nama artis ini bisa berlaku kooperatif terhadap petugas untuk memberikan keterangan. Luki berjanji, petugas akan melayani dengan baik dan mengedepankan asas praduga tak bersalah.

Namun, Polisi juga akan bertindak tegas bila pemanggilan terhadap para artis tidak dipenuhi sebagaimana mestinya.

"Kalau sudah tiga pemanggilan tentu akan kita jemput dan bawa agar supaya juga segera menyelesaikan permasalahan ini. Masyarakat juga menunggu," tandasnya.

Luki menambahkan, pemanggilan pertama sudah dilayangkan pada keempat artis. Bagi yang belum memberikan jawaban akan diberikan pemanggilan kedua dan seterusnya.

"NK dan VV kabarnya besok akan memenuhi panggilan dan lainnya belom. Coba minggu depan kita panggilan lagi," ujar Luki. (**H)


Sumber: kumparanNEWS




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar