Fed Tetap Pertahankan Suku Bunga Acuan

  • Jumat, 09 November 2018 - 05:33:02 WIB | Di Baca : 1428 Kali

SeRiau - Bank SentralAmerika Serikat (AS) The Federal Reserve memutuskan untuk tidak mengubah kebijakan suku bunga mereka. Dalam pertemuan dua hari yang dilakukan oleh Komite Federal Pasar Terbuka (FOMC) kemarin, mereka memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan di level 2,0-2,25 persen.

Dalam keputusan tersebut Fed mengakui kinerja ekonomi AS saat ini cukup kuat dan mendukung dinaikkannya suku bunga acuan. Untuk inflasi misalnya, sampai saat ini bank sentral mencatat masih terkendali di kisaran 22 persen sesuai dengan target. 

Kekuatan fundamental ekonomi juga tercermin dari penurunan angka pengangguran yang masih terjadi dan konsumsi rumah tangga yang masih kuat. Tetapi, kondisi tersebut belum meyakinkan Fed untuk mengerek suku bunga acuan mereka.

Fed menilai kinerja ekonomi AS yang kuat tersebut masih dibayangi oleh masalah. Yang mereka soroti, masalah investasi dan bisnis dan investasi di AS.

Belakangan ini, Fed melihat investasi dan bisnis di AS justru menunjukkan tren pelemahan. 

Ekonom Ian Shepherdson dari Pantheon Macroeconomic seperti dikutip dari AFP, Jumat (9/11) mengatakan permasalahan investasi dan bisnis tersebut terjadi akibat perang dagang yang dikobarkan Presiden AS Donald Trump.

Walaupun memutuskan untuk menahan suku bunga acuan, hampir sebagian besar anggota komite bulat mengharapkan Fed akan menaikkan suku bunga acuan untuk keempat kalinya di 2018 ini pada Desember mendatang. 

Suara bulat tersebut mereka sampaikan terkait perkembangan ekonomi AS yang sampai saat ini berjalan sesuai arah yang diharapkan. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar