Demi Stabilitas Inflasi, Harga Beras Di Waspadai

  • Selasa, 06 November 2018 - 01:00:18 WIB | Di Baca : 1259 Kali

SeRiau - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Aden Gultom menyebutkan jika lonjakan kenaikan harga beras di Riau di penghujung tahun patut diwaspadai demi stabilitas inflasi Riau 2018 agar tetap sesuai target di bawah 3 persen.

 

Per Oktober 2018 Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mencatat inflasi bahan makanan (termasuk di dalamnya beras) memberikan sumbangan inflasi sebesar 0,34 persen. Dengan demikian inflasi Oktober sebesar 0,43 persen dan secara tahunan 1,72 persen.

“Target di bawah 3 persen kalau tidak ada hal yang luar biasa, saya rasa bisa tercapai. Makanya yang perlu diwaspadai kenaikan harga beras,” kata Aden.

Dia menambahkan, beras dianggap salah satu komoditi sensitif. Sedikit saja mengalami kenaikan harga maka akan sangat berpengaruh terhadap kenaikan angka inflasi bulanan.

Beberapa waktu belakangan sejumlah bahan pokok rumah tangga mengalami kenaikan harga meski tidak begitu signifikan. Hal ini disebabkan Riau sebagai daerah produsen, pengaruh ekonomi biaya tinggi sangat dominan sehingga jika ada gejolak kenaikan harga akan sangat berdampak pada daya beli masyarakat. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id





Berita Terkait

Tulis Komentar