Gempa 5,4 M di Bengkulu Akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia

  • Ahad, 04 November 2018 - 05:36:39 WIB | Di Baca : 753 Kali

SeRiau - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,4 magnitudo mengguncang pesisir barat Pulau Sumatra, tepatnya 60 kilometer arah barat dari Kota Bengkulu, Sabtu (3/11). Gempa tersebut merupakan efek pergerakan lempeng Indo-Australia dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan jika episentrum gempa berada di koordinat 3,9 LS dan 101,72 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 km arah barat Kota Bengkulu pada kedalaman 68 km. Gempa yang mengguncang pukul 22.58 WIB ini diakibatkan penyesaran naik di zona subduksi Indo-Australia. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra," ujar Rahmat melalui keterangan yang diterima kumparan. 

Loading...

Kekuatan gempa dirasakan di sekitar Bengkulu hingga Sumatera Utara. Gempa kali ini tidak menimbulkan gempa susulan (aftershock). "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami," tambahnya. (**H)


Sumber: kumparanNEWS




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar