Anies Copot Dirut PT Transjakarta

  • Senin, 29 Oktober 2018 - 19:55:38 WIB | Di Baca : 575 Kali

SeRiau - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Budi Kaliwono dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Posisi Budi digantikan oleh Agung Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT Mass Rapid Transit (MRT).

"Pemegang saham sudah memberitahukan bahwa per hari ini ada pergantian," ujar Budi usai serah terima jabatan di Balai Kota Jakarta, Senin (29/10).

Loading...

Menurut Budi, pergantian tersebut bukan hal yang mendadak. Sebab, tiga pekan sebelumnya, ia sudah mengetahui perihal informasi pergantian tersebut dari tim Gubernur DKI Jakarta.

Namun, Budi enggan mengungkapkannya terlebih dulu. Pasalnya, kewenangan untuk mengumumkannya berada di tangan Anies selaku Gubernur DKI Jakarta.

Budi pun mengaku tak menanyakan perihal alasan pergantian dirinya tersebut kepada Anies.

"Background saya dari swasta dan saya harus menunjukkan profesional murni, saya tidak bertanya ke Pak Gubernur, karena pergantian pengurus ini wewenang pemegang saham dalam hal ini Gubernur," ucap Budi.

Keputusan Tepat

Budi meyakini keputusan Anies menunjuk Agung Wicaksono sebagai Dirut Transjakarta yang baru adalah keputusan yang tepat.

"Seharusnya Pak Agung akan lebih baik. Saya yakinkan itu," ujarnya.

Di sisi lain, Agung Wicaksono menyampaikan jika pergantian direktur tersebut diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Sirkuler. 

Pergantian tersebut, sambungnya, sudah ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dirut PT Jakarta Propertindo sebagai pemegang saham. 

"Kalau saya sendiri, seingat saya waktu itu di Mei 2018, kami semua ada proses gitu ya, sampai diwawancara oleh panitia seleksi yang ada Pak Adnan Pandu Praja, Pak Zaki, Pak Ridwan, Pak Irham Dirmi, dan Pak Yuri sendiri. Jadi proses sudah cukup lama," tutur Agung. 

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Yurianto menyampaikan pergantian Dirut tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat sinergi antar BUMD. 

Yurianto menyampaikan apresiasinya kepada Budi Kaliwono yang telah mengelola PT Transjakarta selama tiga tahun terakhir. 

"Saya berterima kasih kepada Pak Budi Kaliwono dalam mengelola PT Transjakarta dari 2016 sampai dengan sekarang, sehingga transportasi di Jakarta semakin baik dan terintegrasi," kata Yurianto dalam keterangan tertulisnya.

Budi dilantik sebagai Dirut PT Transjakarta pada 6 Januari 2016 lalu. Sebelumnya, Budi merupakan Wakil Presiden Direktur PT Citra Maharlika Nusantara Corpora yang menjalankan layanan bus dan taksi Cipaganti. (**H)


Sumber: CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar