Pemerintah Siapkan Aplikasi Transportasi Online yang Siap Bersaing Sehat

  • Jumat, 14 September 2018 - 22:41:37 WIB | Di Baca : 1247 Kali

SeRiau - Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan aplikasi penyedia jasa angkutan online seperti Go-Jek dan Grab.

Direktur Angkutan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani menjelaskan aplikasi tersebut bukan untuk menyaingi Go-Jek maupun Grab tetapi bersaing secara sehat.

"Kalau saya sih berharap bukan bersaing tapi berkomplemen, bisa aja platmerah jadi paltfomrnya," kata Yani kepada media di Kementerian Perhubungan, Jumat (14/9/2018).

Konsep awal dibuatnya aplikasi angkutan online berplat merah tersebut kata Ahmad Yani juga karena permintaan para pengemudi angkutan online yang ingin lebih dirangkul oleh pemerintah.

Sehingga nantinya pemerintah siap menerima para pengemudi yang akan berpindah dari aplikasi yang saat ini telah beroperasi.

"Itu baru permintaan temen driver online, supaya pemerintah buat dong untuk mengayomi mereka, supaya kami tidak disemena-menai, disuspend," ungkap Yani. 

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Kementerian Perhubungan akan menggandeng PT Telkom (Persero) yang unggul dalam teknologi berbasis jaringan internet.

Pembahasan awal pun tengah dilakukan Kemenhub dan Telkom mulai dari kuota hingga rancangan bisnis untuk memastikan keuntungan bagi Telkom jika menjadi operator.

"Saya nunggu hasil pembahasan saya dengan teman-teman di Telkom. Aplikasi yang buatin BUMN, yang tidak 100 persen nyari keuntungan perubahan sendirian, ada peningkatan kesejahteraan," pungkas Ahmad Yani. (**H)


Sumber: TRIBUNNEWS.COM





Berita Terkait

Tulis Komentar