Puluhan Hektar Hutan Bukit Suligi Riau Terbakar

  • Senin, 20 Agustus 2018 - 21:33:07 WIB | Di Baca : 1350 Kali

SeRiau - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di beberapa wilayah di Propinsi Riau. Salah satunya berada di hutan Bukit Suligi, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kebakaran ini menyebabkan puluhan hektar hutan Bukit Suligi ludes dilalap si jago merah. Belum diketahui siapa pelaku pembakar lahan di kawasan hutan lindung.

"Diperkirakan ada 20 hektar kawasan Bukit Suligi terbakar," ucap Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Riau, Jim Gafur kepada Okezone, Senin (18/8/2018).

Terjadinya kebakaran di kawasan hutan lindung membuat tim Satgas darat dan udara berjibaku memadamkan api. Satu unit helikopter dikerahkan untuk melakukan pemadaman dari udara.

"Heli sudah beberapa kali melakukan water bombing (bom air). Daerah Bukit Suligi yang terbakar merupakan daerah mineral bukan gambut, jadi agak mudah di atasi," imbuh Jim.

Selain di Rohil, kebakaran parah juga terjadi di beberapa titik di Kabupaten Rohil. Ratusan hektar hutan dan lahan sudah musnah. Bahkan 50 warga sudah mengungsi akibat kebakaran.

"Untuk di Rohil kita kerahkan 2 unit helikopter water bombing. Kebakaran terjadi di Teluk Nilam dan Kubu," imbuhnya.

Jim menambahkan, kebakaran di Kota Dumai juga masih terus terjadi. Tim gabungan TNI, Polri dan BPBD terus berjibaku menjinakkan kebakaran di kawasan gambut.

"Kalau di Dumai kebakaran masih terjadi di Lubuk Gaung dan Sungai Sembilan," tandasnya. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar