Alasan Asman Abnur Mundur: Tidak Ingin Membebani Jokowi

  • Selasa, 14 Agustus 2018 - 22:24:16 WIB | Di Baca : 1205 Kali

SeRiau - Menteri Pendayagunaan Aparaturn Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur telah mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Asman mengungkapkan alasannya mengundurkan diri, karena tidak ingin menjadi beban bagi Presiden Jokowi yang akan maju sebagai capres di 2019.

"Bahwa posisi ini tidak mengenakkan untuk MenPAN RB, juga suasana yang dirasakan Pak Presiden, karena partai saya tidak mendukung Pak Presiden, sehingga beliau merasa terbebani dengan tuntunan partai yang lain," kata Asman saat konferensi pers di Kantor KemenPAN RB, Selasa (14/8). 

Selain itu, kata Asman, secara etika politik tidak baik jika ia tidak mengundurkan diri. Maka dari itu ia memilih mundur dari Kabinet Kerja Jokowi-JK.

"Tidak baik secara etika, mohon diizinkan untuk mengundurkan diri jadi MenPAN RB, alhamdulilah beliau menyampaikan kinerja yang dicapai cukup memberikan nilai positif, beliau menyampaikan itu yang terbaik," kata Asman. 

Sebelumnya, Waketum PAN Viva Yoga Mulyadi membenarkan pengunduran diri Asman di Kabinet Kerja. Menurut Viva, Asman sudah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Mensesneg Pratikno. 

"Pak Asman Abnur menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai menteri di kabinet pemerintahan Jokowi," ujar Viva di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/8). 

"Secara teknis nanti biarlah Pak Asman yang menyatakan itu. Tapi hari ini Pak Asman Abnur juga sudah bertemu dengan Pak Pratikno dan telah menyatakan hal tersebut seperti yang tadi saya katakan," ujarnya. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar