Istana Sebut 1 Partai Akan Gabung Koalisi Jokowi

  • Selasa, 07 Agustus 2018 - 14:26:14 WIB | Di Baca : 1057 Kali

 

SeRiau - Saat ini, baru ada sembilan partai koalisi yang mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019. Enam partai yang sudah menghuni di DPR, yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Keadilan Bangsa, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sementara itu, tiga partai lainnya, adalah partai di luar parlemen, yakni Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Indonesia, dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia.

Namun, Istana memberi sinyal kemungkinan akan ada satu partai lagi yang ikut bergabung.

Menurut Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, apakah satu partai itu akan bergabung, bisa dilihat nanti pada Kamis 9 Agustus, atau sehari sebelum pendaftaran di KPU pada Jumat 10 Agustus 2018.

Hal itu dikatakan Pramono, ketika disinggung apakah Partai Amanat Nasinal tidak termasuk dalam koalisi besar pengusung patahana itu.

"Kita lihat pada saatnya, yang tanda tangan pencalonan presiden dan wakil presiden, apakah jumlah partai pendukungnya sembilan atau 10," kata Pramono di Istana Negara, Jakarta, Selasa 7 Agustus 2018.

Beragam spekulasi muncul, soal arah koalisi PAN ini. Mengingat, sosok Ketua Dewan Kehormatan partai itu Amien Rais, yang selalu keras dalam mengkritik pemerintahan Jokowi. Hal itu yang dinilai menghambat PAN untuk bergabung ke koalisi Jokowi.

"Ya, pokoknya lihat saja nanti, yang dukung Pak Jokowi sembilan atau 10 parpol," katanya.

Di waktu yang bersamaan, PAN akan melakukan rapat kerja nasional. Dua hari sebelum rakernas, pengurus wilayah melakukan pleno untuk merumuskan rekomendasi pilpres.

"Hari ini, kami komunikasi dengan beberapa pihak. Sabarlah tanggal 9 Agustus, akhirnya biasa kaya main bola injury time," kata Zulkifli Hasan di Gedung DPR, Selasa 7 Agustus 2018.
Jokowi akan mengumpulkan para ketua umum dan sekjen partai pendukung, pada Kamis 9 Agustus 2018. Sekaligus, penandatanganan dukungan partai terhadap pasangan capres dan cawapres.

Pada Jumat 10 Agustus, dijadwalkan Jokowi akan mendaftarkan ke KPU. Pendaftaran pasangan capres dan cawapres. Namun, belum diketahui, siapa pasangan cawapres Jokowi.

 

 

 

 

 

Sumber VIVA.co.id





Berita Terkait

Tulis Komentar