Timnas Indonesia U-19 Tumbang 1-2 dari Thailand

  • Senin, 09 Juli 2018 - 21:07:48 WIB | Di Baca : 1152 Kali

SeRiau - Timnas Indonesia U-19 harus menelan kekalahan dengan skor 1-2 kala bersua Thailand di pertandingan pamungkas babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018. Hampir di sepanjang pertandingan, Indonesia mendapat gempuran dari Thailand. Akan tetapi, begitu memasuki 15 menit terakhir, Garuda Nusantara mampu bangkit dan malas membombardir pertahanan Thailand.

Babak Pertama

Meski Indonesia sudah dipastikan lolos ke semifinal, namun Tim Garuda Nusantara tetap tampil menyerang sejak menit awal. Pada menit keenam, Timnas Indonesia memperoleh kesempatan emas setelah Saddil Ramdhani dan Aji Kusuma melakukan kerja sama. Bola yang kemudian sampai di kaki Hanis Saghara, mencoba diumpankan kembali di dalam kotak penalti. Sayangnya, lini pertahanan Thailand masih mampu membloknya.

Sementara itu, Thailand yang posisinya di klasemen Grup A masih belum aman, juga bermain menyerang demi meraih kemenangan dan menyegel tempat di semifinal. Di menit ke-13, Suphanat mencoba melakukan tembakan dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola sepakannya masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Tiga menit berselang, Thailand kembali mengancam gawang Indonesia. Memanfaatkan salah umpan pemain Indonesia, Kapten Thailand lekas melancarkan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Bola tembakan sang kapten tersebut meluncur deras ke arah gawang Indonesia. Beruntung, Aqil Safik masih sigap menepis datangnya bola.

Memasuki menit ke-27, Thailand masih belum mengendurkan serangannya. Bahkan, Tim Gajah Putih hampir membuka keunggulannya. Tendangan deras pemain Thailand yang berbelok arah mampu menipu Aqil yang sudah melompat lebih dulu. Tapi, tangan kiri Aqil masih mampu meninju bola. Si kulit bundar yang berkeliaran di kotak penalti pun lekas disapu oleh pemain bertahan Indonesia ke luar lapangan.

Gempuran dari Thailan masih belum usai. Hasilnya, di menit ke-41, Thailand pun memperoleh gol yang dicarinya. Tendangan jarak jauh dari Matee Sarakum usai menerima umpan pendek dari kapten tim meluncur kencang ke gawang Indonesia. Sayang, Aqil Safik kali ini tak mampu membendungnya hingga menggetarkan jala gawang. Thailand kini unggul 1-0.

Di waktu tersisa, Indonesia yang mencoba mengejar ketertinggalannya, tak bisa berbuat banyak. Hasilnya, babak pertama pun usai dengan Indonesia tertinggal 0-1 dari Thailand.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Thailand langsung tancap gas menggempur lini pertahanan Indonesia. Maklum saja, keunggulan 1-0 masih belum menjamin kemenangan Tim Gajah Putih. Hasilnya tak percuma, tak berapa lama babak kedua berlangsung, Thailand pun mencetak gol keduanya di laga ini melalui Nattawut. Kelengahan lini belakang Indonesia harus dibayar mahal. Thailand memimpin 2-0.

Kendati demikian, Indonesia tak lantas putus asa. Indonesia terus berusaha melakukan tekanan ke wilayah pertahanan Thailand meski belum mendapatkan hasil yang diinginkan. Seperti yang terjadi di menit ke-59 kala Saddil Ramdani melakukan penetrasi ke kotak penalti Thailand. Sayangnya, pemain belakang Thailand masih dapat menetralisirnya.

Sementara itu, di ment ke-66, Saddil kembali mengancam gawang Thailand. Kali ini dilakukannya dengan tendangan jarak jauh setelah mengecoh pemain Thailand. Meski begitu, tembakan yang dilepas Saddil masih melambung tipis di atas mistar gawang Thailand. Papan skor pun tak jadi berubah, di mana Indonesia masih tertinggal dua gol.

Memasuki menit ke-72, Indonesia terus menekan Thailand. Masuknya Witan Sulaiman dan Rafli Mursalim di babak kedua terbukti mampu meningkatkan kualitas penyerangan Indonesia. Usai bekerja sama dengan Abimanyu, Witan lekas merangsek ke lini pertahanan Thailand dan melepaskan tembakan dari depan kotak penalti. Namun sayangnya, bola masih melambung di atas mistar gawang.

Gol yang dinantikan Indonesia baru tercipta di menit ke-84. Berawal dari penetrasi yang dilakukan Witan di sisi kanan lapangan, bola lekas diumpankannya kepada Rivaldo Fere. Pemain muda asal Papua itu lekas melakukan tembakan yang membentur tiang. Akan tetapi, Rifad lekas menyambar bola muntah yang kemudian menggetarkan jala gawang Thailand. Indonesia menipiskan ketinggalannya menjadi 1-2.

Di sepanjang sisa pertandingan, Indonesia terus menggempur lini pertahanan Thailand. Berbagai peluang yang nyaris berbuah gol didapat skuad asuhan Indra Sjafri ini. Meski demikian, hingga wasit meniup peluit panjang, Indonesia tak mampu menyamakan kedudukan. Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Thailand. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar