30 Juta Orang akan Mudik, Pesawat Terbang Jadi Favorit

  • Sabtu, 19 Mei 2018 - 14:04:37 WIB | Di Baca : 1294 Kali

SeRiau - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran 2018 akan mencapai sekitar 30 juta orang. Dari jumlah tersebut moda transportasi yang favorit digunakan adalah moda angkutan udara.

Menurut Menhub, pemudik yang menggunakan moda angkutan udara diperkirakan mencapai delapan juta, moda angkutan darat tujuh juta, moda angkutan laut sekitar 1,5 juta. Sedangkan khusus kereta api diperkirakan mencapai sekitar enam juta  pemudik.

"Kereta api hanya ada peningkatan sekitar lima hingga 10 persen dan tidak bisa menambah dalam jumlah cukup banyak," katanya di Stasiun Tugu Yogyakarta, Sabtu 19 Mei 2018.

Menurutnya dalam arus mudik mendatang pemerintah sangat berharap pemudik tidak menggunakan sepeda motor karena dalam dua tahun terakhir ini sekitar 70 persen kecelakaan terjadi pada pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Ini menjadi perhatian serius pemerintah dan diharapkan pemudik pindah dengan angkutan lain seperti bus atau kereta api yang jauh lebih aman," pintanya.

Mantan Dirut Angkasa Pura I ini juga mengingatkan kepada pemudik yang menggunakan moda angkutan darat seperti bus dipastikan bus ada stiker kelaikan jalan. Jika tidak ada maka tidak perlu naik bus tersebut.

"Dan jika ditemui bus masih beroperasi tanpa stiker kelaikan jalan maka akan diberhentikan saat itu juga," ujarnya menegaskan.

Terkait dengan potensi longsor pada jalur kereta api Budi mengaku sudah melakukan pemetaan dan terbanyak pada jalur selatan Jawa Barat. Namun demikian karena mudik sudah masuk musim kemarau potensi longsor sangat minim.

"Meski minim namun kita sudah siapkan alat berat, bahan bangunan hingga kesiapan petugas di lapangan," katanya. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar