Marc Marquez Sebut Yamaha Kehilangan 'Rider Hebat'

  • Jumat, 11 Mei 2018 - 14:20:13 WIB | Di Baca : 1364 Kali

SeRiau - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku sangat heran melihat duet Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang berstatus sebagai rider pabrikan justru tertinggal jauh dari rider Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco yang berstatus rider satelit dan mengendarai YZR-M1 versi lama.

Marquez yakin rivalnya musim lalu, Andrea Dovizioso akan tetap mengancam tahun ini, ditambah Zarco yang terlihat kian garang musim ini. Saat ini, Zarco telah meraih dua podium dan satu pole, bahkan tengah menduduki peringkat kedua di klasemen pembalap dengan 58 poin, tertinggal 12 poin dari Marquez.

"Empat seri pertama berjalan aneh. Banyak hal terjadi. Kita lihat saja nanti di semua seri Eropa. Tapi bagi saya Johann dan Dovi bakal sangat kuat tahun ini. Kita lihat nanti apa yang terjadi pada (Movistar) Yamaha dan Dani Pedrosa. Tapi para rider Yamaha aneh, karena Johann justru merupakan rider Yamaha terbaik saat ini," ungkap Marquez kepada Crash.net.

Enam kali juara dunia ini pun mengaku tak tahu pasti mengapa perbedaan performa antara Zarco dengan Vinales-Rossi begitu jauh, dan hal ini terlihat jelas dalam balapan di Jerez, Spanyol akhir pekan lalu. Sementara Zarco bertarung di depan, Rossi dan Vinales harus susah payah bertarung di papan tengah.

"Tentu ada perbedaan gaya balap di antara mereka. Mungkin yang paling mirip adalah Johann dan Vale. Mack punya gaya berbeda. Ini bukan berarti buruk atau baik. Tapi aneh melihat Johann lebih cepat dari mereka, dan saya tak tahu mengapa karena mereka sendiri tak tahu penyebabnya padahal mereka punya datanya," ungkap Marquez.

Atas beberapa fakta ini, rider berusia 25 tahun tersebut pun yakin Yamaha telah kehilangan rider hebat, mengingat mereka tak berusaha mempertahankan Zarco dan justru membiarkannya pindah ke Red Bull KTM Factory Racing begitu saja pada musim 2019-2020.

"Dari sudut pandang pengamat yang netral, Yamaha telah kehilangan rider yang sangat baik. Maksud saya, 'dia' bakal pindah ke KTM! Saat ini dialah yang tercepat. Tentu pengalaman Vale sangat baik dan Mack sangat cepat. Tapi saat ini Johann tengah bekerja dengan sangat baik," pungkas Marquez. (**H)


Sumber: Bola.net





Berita Terkait

Tulis Komentar