Cak Imin Sebut Budaya Topang Pembangunan Negara

  • Kamis, 10 Mei 2018 - 21:52:30 WIB | Di Baca : 1250 Kali

SeRiau - Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar mengatakan sudah saatnya kebudayaan menjadi panglima utama dalam pembangunan di Indonesia secara keseluruhan. Sebab, menurutnya budaya mampu menopang negara dan memajukan segala bidang.

"Indonesia pernah menjadikan politik sebagai panglima, namun belum memberikan keberhasilan yang nyata," kata Muhaimin dalam siaran persnya, Kamis (10/5/2018).

Bahkan, kata Ketua Umum PKB ini, Indonesia juga pernah menjadikan ekonomi sebagai panglima namun menghasilkan hal yang sama dengan politik.

"Untuk itu, harusnya kebudayaan yang menjadi panglima," kata pria yang disapa Cak Imin ini. 

Ia yang datang ke Keraton Al Muqarram Sintang, Kalbar, juga menambahkan, kebudayaan akan membentuk mental dan karakter bangsa yang kuat. 

"Indonesia itu kaya raya akan kebudayaan yang berasal dari berbagai kerajaan dan kesultanan," kata dia.

Oleh karena itu, pemerintah dan negara harus memperhatikan peran dan serta kesultanan dalam membangun bangsa Indonesia. Ia mencontohkan Kesultanan Sintang yang memberikan kontribusi dalam penciptaan lambang Garuda Pancasila.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar datang ke Sintang untuk menghadiri penganugerahan sebagai Datuk Petinggi Mangku Banua dari Istana Kesultanan Sintang. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Sultan Sintang atas pemberian gelar tersebut. 

Selain Muhaimin, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan juga mendapat gelar Pangeran Budisetia Amanah Anak Negeri. Penganugerahan diberikan langsung YM Pangeran Sri Kusuma Negara Kesultanan Sintang, HRM Ikhsani Ismail Sayifuddin.

Hadir dalam penganugerahan tersebut Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, anggota DPR Fraksi PKB Abdul Kadir Karding, Bupati Sintang Jarot Winarno, Sultan Sulu, serta keluarga besar Kesultanan Sintang. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar