Tepis Amien Rais, PAN Klaim Masih Buka Pintu Bagi Jokowi

  • Selasa, 24 April 2018 - 16:25:52 WIB | Di Baca : 1846 Kali

 

SeRiau- Ketua DPP PAN Bara Krishna Hasibuan menyatakan pihaknya masih membuka peluang untuk mengusung Joko Widodo alias Jokowi pada Pemilu 2019. Pernyataan Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais dianggap sebagai masukan.

"Segala kemungkinan masih terbuka bagi PAN dalam memutuskan mana yang dipilih dalam Pilpres nanti," ujar Bara di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/4).

Hal itu disampaikan menanggapi pernyataan Amien Rais tentang 'bunuh diri politik' jika PAN mengusung Jokowi pada Pemilu 2019.


Menurut Bara, PAN mengedepankan rasionalitas dalam mengambil keputusan, termasuk pencalonan dalam Pilpres 2019. Terlebih, lanjutnya, PAN bukan partai eksklusif yang mengakomodasi kepentingan salah satu pihak.

Bara juga menilai pernyataan Amien sebagai masukan bagi partai dalam mengambil kebijakan.

"Suara siapapun harus kami dengar, baik itunasihat Dewan Kehormatan atau Dewan Pertimbangan. Tapi tentu saja nanti keputusan didasarkan pertimbangan rasional, bukan pertimbangan personal like atau dislike," ujarnya.


Di sisi lain, Bara tidak memungkiri terjadi perdebatan di internal PAN dalam menyikapi siapa capres yang akan didukung di Pilpres tahun 2019. Sejumlah nama seperti Jokowi, Prabowo Subianto, hingga Gatoto Nurmatyo tengah dibahas di internal.

Namun, Bara enggan mengungkapkan soal sikap politik PAN. Hal itu akan ditentukan di Rakernas PAN yang akan diikuti oleh seluruh pengurus DPP dan DPD.

"Jadi memang perdebatan di dalam masih terjadi. Tentunya nanti akan kami putuskan dalam rakernas yang akan terjadi sebentar lagi," ujarnya.

Lebih dari itu, Bara juga menegaskan PAN tidak memaksakan agar Ketum PAN Zulkifli Hasan menjadi cawapres. Pihaknya menyerahkan posisi itu kepada capres yang didukung PAN.


"Kami sodorkan Zulhas, tentunya kami tidak memaksa. Kami hargai judgement keputusan calon yang akan kami dukung," ujar Bara.

Sebelumnya, Amien menyebut PAN melakukan bunuh diri jika Zulkifli mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi. Pasalnya, rakyat sudah tak menghendaki kepemimpinan Jokowi.

"Kalau Pak Zulhas lantas buat statement dukung Pak Jokowi sebagai capres, maka PAN InsyaAllah bunuh diri. Karena saya tahu di bawah sudah emoh. Jadi tolong dimengerti PAN itu partai yang punya prinsip," ujar Amien saat ditemui di kediamannya di Perumahan Taman Gandaria, Jakarta, Jumat (19/4). (Sumber : Viva.co.id)





Berita Terkait

Tulis Komentar