Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 13.800, Ini Kata BI

  • Ahad, 22 April 2018 - 16:31:11 WIB | Di Baca : 959 Kali

SeRiau - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di level Rp 13.799 hingga mencapai Rp 13.785 per USD. Bank Indonesia (BI) menilai melemahnya kurs Rupiah tersebut masih berada dalam batas wajar.

Kepala Grup Asesmen Ekonomi BI, Firman Mochtar mengatakan pihaknya akan terus memantau pergerakan nilai tukar Rupiah agar bisa menciptakan kepastian pasar.

"Kurs ini kan harga dari devisa ya, ekspor impor, valuta asing harganya adalah kurs, kalau dia berfluktuasi, dia akan menciptakan ketidakpastian. Orang akan susah melakukan perencanaan. Kita berupaya untuk meminimalisir ketidakpastian ini," kata Firman dalam acara pelatihan wartawan BI, di Lombok, Minggu (22/4/2018).

Loading...

Dia mengatakan, BI akan tetap menjaga nilai tukar tetap terkendali dengan terus memantau pasar sehingga tidak akan menimbulkan banyak ekspektasi.

"Kita selalu ada di pasar, jadi kurs stabil. Jadi tetap menjaga stabilitas ekonomi. Peran cadangan devisa ini sangat penting. Kita manfaatkan ini tetap terjaga," ujarnya.

Posisi cadangan devisa Indonesia hingga akhir Maret 2018 tercatat sebesar USD 126 miliar , setara dengan pembiayaan 7,9 bulan impor atau 7,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Angka tersebut berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. (**H)


Sumber: Liputan6.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar