Ribuan Warga Ikut Pawai Obor Bandung Lautan Api

  • Sabtu, 24 Maret 2018 - 06:17:16 WIB | Di Baca : 1476 Kali

SeRiau - Sekitar 5.000 orang terdiri dari pelajar SMP, SMA dan warga lainnya mengikuti pawai obor peringati peristiwa Bandung Lautan Api, di Kota Bandung, Jumat (23/3/2018) malam.

Ribuan peserta berjalan dari Lapangan Tegalega menyusuri sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Mulai dari Jalan Moh Toha, Dewi Sartika, Jalan Asia Afrika dan finish di Balai Kota Bandung.

Selama perjalanan, para peserta pawai menunjukkan berbagai kreativitasnya, mulai dari kreasi kostum, lampion, hingga kreasi lainnya yang menambah ramainya suasana. Semangat dan kegembiraan terpancar dari wajah para peserta.

Pawai obor ini merupakan salah satu cara untuk mengingat peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada 23 Maret 1946 lalu. Melalui acara ini diharapkan generasi muda dapat mengingat perjuangan para pejuang dalam mempertahankan Kota Bandung. 

Salah satu peserta, siswa dari SMP N 30 Bandung Leonardo (13) mengaku, senang bisa terlibat dala acara peringatan malam bersejarah ini. Dia bersama 31 temannya turut meresapi pristiwa bersejarah ini. 

"Ini pertama kali saya ikut. Saya bangga bisa ikut serta," kata Leonardo, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jumat (23/3/2018) malam.

Peristiwa Bandung Lautan Api, menurutnya satu persitiwa penting bagi Kota Bandung. Para pejuang sengaja membakar Kota Bandung agar tidak dikuasai oleh para penjajah. 

"Melalui pawai saya juga jadi tahu perjuangan para pahlawan. Pejuang membakar kota untuk menghindari serangan penjajah," ucapnya. 

Di lokasi yang sama, Safa (15) juga mengaku senang bisa ikut serta memeriahkan peringatan Bandung Lautan Api tahun ini. Gadis manis siswa SMA N 24 Bandung tidak merasa lelah meski harus berjalan sepanjang kurang lebih 3,3 kilometer. 

"Saya baru pertama kali ikut, jalan jauh enggak cape malah seru," ucapnya. 

Dia berharap melalui kegiatan ini warga masyarakat bisa kembali mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Kota Bandung. "Selain peringatan, juga untuk mengenang perjuangan pejuang mempertahankan Kota Bandung," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Aswin Sulaeman menyatakan berbagai kegiatan digelar untuk memperingati Bandung Lautan Api. Salah satunya pawai obor ini. 

"Jadi dari Tegalega sampai Balai Kota ada sekitar 5.000 orang yang ikut dalam pawai," ucapnya. 

Setelah pawai obor, pada Sabtu (24/3/2018) Pemkot Bandung akan menggelar upacara peringatan Bandung Lautan Api di Plaza Balai Kota Bandung. Upacara itu rencananya dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Bandung. (*JJ)



Sumber: detiknews.com





Berita Terkait

Tulis Komentar