MENU TUTUP

Hindari Kebiasaan Ini Agar Kampas Rem Motor Awet

Jumat, 24 Februari 2023 | 12:08:46 WIB | Di Baca : 1097 Kali
Hindari Kebiasaan Ini Agar Kampas Rem Motor Awet


SeRiau - PEKANBARU – Berkendara yang aman tentunya tidak terlepas dari performa sepeda motor yang baik dan termasuk remnya. Tentunya kampas rem salah satu suku cadang penting pada sepeda motor yang harus dirawat agar sepeda motor dan penggunanya aman dan nyaman. 

Komponen yang berkaitan langsung dengan system pengereman ini berfungsi untuk membantu menekan piringan cakram agar ban kendaraan berhenti berputar. Tanpa adanya kampas rem, maka pengereman bisa berlangsung atau membutuhkan waktu yang lama sampai akhirnya kendaraan tersebut akan berhenti.

Part Sales Section Dept. Head Hariyanto mengatakan banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kampas rem cepat habis dan itu bermula kebiasaan dari pengguna sepeda motor itu sendiri. “Hhal yang paling dekat dengan kebiasaan orang saat mengendarai sepeda motor adalah menaruh jari pada tuas rem," ujar Part Sales Section Dept. Head Hariyanto, Jumat (24/2).

Kebiasaan menaruh jari pada tuas rem salah satu faktor kampas rem pada sepeda motor cepat habis. Kebiasaan ini sering sekali dilakukan oleh pengguna motor matic. Terkadang ketika menaruh jari pada tuas rem secara tidak sadar menarik tuas rem meski tidak terlalu di butuhkan. 

Namun pentingnya kampas rem pada sepeda motor sering sekali di sepelekan, padahal hal ini sangat berkaitan dengan keselamatan dalam berkendara. Untuk itu, disarankan sekali kepada para pengguna sepeda motor untuk memperhatikan kembali kampas rem sepeda motornya. 

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar kampas remnya tetap awet adalah pertama rutin membersihkan kampas rem terlebih saat sepeda motor usai melintasi hujan atau jalanan yang digenangi air maupun lumpur. 

"Cara membersihkannya pun terbilang sederhana dengan hanya membasuh bagian kampas rem dengan air bersih dan memastikan kembali tidak ada pasir ataupun lumpur yang tertinggal," ucap Hariyanto.

Kedua, memastikan terdapat jarak antara kampas rem dengan piringan cakram, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gesekan antara kedua komponen tersebut sebelum tuas rem digunakan.

Kemudian ketiga memastikan bearing atau laher motor selalu terlumasi karena bearing bertugas untuk mengurangi gesekan dengan rumah as yang ada di velg. Terakhir hindari penggunaan rem secara mendadak. Berkendara secara hati-hati, menghindari pengunaan kendaraan dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan pengereman mendadak, karena selain berbahaya hal ini juga dapat membuat kampas rem lebih cepat aus dan mengurangi usia penggunaannya.

"Oleh karena itu, untuk membuat kampas rem tetap awet hindarilah hal-hal tersebut dan berkendara dengan hati-hati," ungkapnya.

Selain itu rutin melakukan perawatan ke AHASS adalah hal yang juga sama pentingnya agar performa sepeda motor terjaga. Beragam fasilitas dan program bisa di manfaatkan di AHASS untuk perawatan sepeda motor seperti servis kunjung, pit ekspress, booking service dan lain sebagainya. Dan manfaatkan juga fasilitas Honda Care Riau yang membantu saat motor mogok di jalan, hanya dengan menghubungi di nomor 085364448353 untuk wilayah Kota Pekanbaru. (rn)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Benny Langsung Sembelih Hewan Kurban, SMAN 13 Pekanbaru Potong 4 Hewan Kurban

2

Kurikulum Merdeka Ditanah Air, Memerdekakan Pendidikan Ditanah Melayu

3

Buka Tutup. Gelper di Dumai Jadi Lahan Mencari Uang Setoran

4

Suwandi Pimpin Rapat Persiapan Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban

5

Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah, PLN Berkolaborasi dengan Masyarakat Pelestari Lingkungan serta Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara di Pekanbaru