MENU TUTUP

SMA Islam As-Shofa Dibekali Tips Aman Saat Berboncengan

Jumat, 06 Januari 2023 | 16:24:27 WIB | Di Baca : 1828 Kali
SMA Islam As-Shofa Dibekali Tips Aman Saat Berboncengan

 

SeRiau - Pekanbaru - Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat populer di Indonesia. Kesadaran pengendara akan keamanan berkendara perlu ditingkatkan lagi untuk mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi akibat faktor pengendara (manusia). 

Pengendara motor baik itu yang di depan atau di belakang sama-sama memiliki resiko yang sama jika terjadi kecelakaan. Dengan begitu tentunya membonceng pada saat mengendarai sepeda motor juga memerlukan sebuah panduan yang bisa menghindari dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor. Bagaimana kiat #Cari_Aman saat berkendara berboncengan? Berikut tips aman saat berboncengan.

1. Pembonceng dan yang dibonceng pastikan menggunakan perlengkapan aman berkendara lengkap (helm, sarung tangan, jaket, celana panjang dan sepatu) guna meminimalisir efek negatif benturan pada saat terjadi kecelakaan.

2. Atur posisi berboncengan yang aman. Yang dibonceng memegang erat si pengendara, duduk rapat, posisi lutut menjepit si pengendara, kaki berada di pijakan kaki yang seharusnya dan pandangan agak menoleh ke depan sebagai antisipasi pada saat akan menghadapi bahaya/resiko yang ada di depan.

3. Jaga kondisi fisik, istirahatlah jika kondisi sudah lelah agar terhindar dari kondisi microsleep yang berpotensi menyebabkan kecelakaan pada saat berkendara.

4. Terlalu banyak membawa barang akan membahayakan pada saat berkendara. Beratnya barang bawaan yang dibawa akan mengganggu keseimbangan yang berakibat fatal pada saat di perjalanan.

Keempat tips berkendara yang baik saat berboncengan ini di sosialisasikan di SMA Islam As-Shofa Pekanbaru oleh tim Safety Riding PT Capella Dinamik Nusantara (PT CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau. Sebagai bentuk konsistensi dan komitmen dalam memberikan edukasi mengenai aturan berkendara dan aman berlalu lintas, agar generasi muda kedepannya sadar dan memahami pentingnya tips-tips seperti ini untuk keamanan dan keselamatan.

Arif Rahman Hakim PIC Safety Riding PT CDN Riau menghimbau adik-adik SMH Islam As-Shofa untuk menerapkan tips-tips yang diberikan, karena hal tersebut merupakan bekal ilmu untuk keselamatan di jalan raya. “Nah, itu dia tips membonceng sepeda motor yang aman dan juga nyaman, sehingga kamu tidak perlu takut lagi untuk membonceng. Jadi masih takut membonceng sepeda motor? Tenang, jika teman yang ngeboncengin kamu memang #Cari_Aman saat berkendara, berboncengan kendaraan itu aman kok dan pastinya menyenangkan”, tutupnya. (rls)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Benny Langsung Sembelih Hewan Kurban, SMAN 13 Pekanbaru Potong 4 Hewan Kurban

2

Kurikulum Merdeka Ditanah Air, Memerdekakan Pendidikan Ditanah Melayu

3

Buka Tutup. Gelper di Dumai Jadi Lahan Mencari Uang Setoran

4

Suwandi Pimpin Rapat Persiapan Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban

5

Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah, PLN Berkolaborasi dengan Masyarakat Pelestari Lingkungan serta Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara di Pekanbaru