MENU TUTUP

WHO Akan Turunkan Tim ke Wuhan, Selidiki Asal Usul COVID-19

Sabtu, 19 Desember 2020 | 05:39:14 WIB | Di Baca : 2177 Kali
WHO Akan Turunkan Tim ke Wuhan, Selidiki Asal Usul COVID-19

SeRiau - Tim ahli internasional WHO akan melakukan perjalanan ke Wuhan, China bulan depan. Hal itu guna menyelidiki asal-usul hewan COVID-19 dan penyelidikan mereka yang telah bebas dari Corona, kata WHO, Jumat.

Ditanya tentang misi internasional, yang telah dikerjakan oleh WHO selama berbulan-bulan untuk sampai ke China, kepala darurat Organisasi Kesehatan Dunia Michael Ryan mengatakan kepada wartawan bahwa para ahli diperkirakan akan melakukan perjalanan "pada minggu pertama Januari".

"Akan ada pengaturan karantina, tentu saja, kami harus melakukannya. Seperti biasa, kami harus mematuhi apa pun pengaturan untuk manajemen risiko dalam perjalanan saat kedatangan dan di China sendiri," kata Ryan, dilansir AFP, Sabtu (19/12/2020).

Selama pandemi virus korona, hampir 1,7 juta meninggal dunia dan 75 juta orang terinfeksi secara global. Namun, pertanyaan tentang dari mana virus itu berasal dan bagaimana pertama kali menular dari hewan ke manusia masih menjadi misteri.

WHO telah berbulan-bulan bekerja untuk mengirim tim yang terdiri dari 10 ahli internasional, termasuk ahli epidemiologi dan spesialis kesehatan hewan, ke China.

Badan kesehatan PBB mengirim tim pendahulu ke Beijing pada Juli untuk meletakkan dasar bagi penyelidikan internasional.

Tetapi hingga minggu ini masih belum jelas kapan tim ilmuwan yang lebih besar dapat melakukan perjalanan ke China untuk memulai studi epidemiologi untuk mencoba mengidentifikasi kasus manusia pertama dan sumber infeksi mereka.

Ada kekhawatiran tentang apakah para ahli akan diizinkan melakukan perjalanan ke Wuhan, tempat virus pertama kali muncul Desember lalu. (**H)


Sumber: detikNews


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H