MENU TUTUP

Kelompok Bersenjata Serang Masjid di Nigeria, 5 Orang Tewas

Senin, 23 November 2020 | 05:23:57 WIB | Di Baca : 1844 Kali
Kelompok Bersenjata Serang Masjid di Nigeria, 5 Orang Tewas

SeRiau - Sekelompok pria bersenjata membunuh lima jemaah dan menculik 18 orang dalam serangan di sebuah masjid di negara bagian Zamfara di Nigeria. Polisi mengatakan serangan itu dilakukan pada waktu salat.

Dilansir AFP, Senin (23/11/2020), Sekitar 100 pencuri ternak dengan sepeda motor menembaki jemaah Muslim di desa terpencil Dutsen Gari di distrik Maru ketika sedang melaksanakan sholat Jumat. Lima orang jemaah tewas dalam insiden tersebut.

"Para bandit itu membunuh lima jemaah dan menculik 18 lainnya, termasuk imam itu," kata juru bicara polisi negara bagian, Mohammed Shehu kepada AFP.

Namun warga mengatakan lebih dari 30 jamaah diculik. Penyerangan dilakukan ketika imam sedang menyampaikan khotbah salat Jumat.

"Orang-orang bersenjata itu menyerang masjid ketika imam sedang menyampaikan khotbah dan membawa lebih dari 30 orang, termasuk imam, setelah menembak mati lima jemaah," kata seorang warga, Ibrahim Altine.

Nigeria Barat Laut kenal sebagai sarang geng kriminal yang menyerang desa, mencuri ternak, penculikan untuk tebusan dan membakar rumah setelah menjarah persediaan makanan. Geng-geng tersebut berada kamp-kamp di hutan Rugu yang menguasai negara bagian Katsina, Zamfara, Kaduna dan Niger dari mana mereka melancarkan serangan.

Bahkan, pengerahan pasukan dan pembicaraan damai dengan otoritas lokal pun gagal menghentikan serangan. Berbeda jihadis Boko Haram, geng kriminal ini tidak memiliki kecenderungan ideologis. Namun, ada kekhawatiran yang berkembang jika para jihadis secara bertahap juga menyusup ke geng tersebut. (**H)


Sumber: detikNews


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H