MENU TUTUP

China Harapkan AS Ubah Sikap

Kamis, 19 November 2020 | 22:47:25 WIB | Di Baca : 2029 Kali
China Harapkan AS Ubah Sikap

SeRiau - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengatakan Beijing mengharapkan Amerika Serikat (AS) untuk mengubah pendiriannya dalam memburu pembangunan China, Kamis (19/11). Dia menginginkan Washington mengambil pendekatan yang lebih obyektif dan rasional.

"Alasan utama dari tantangan serius dalam hubungan China-AS (selama Pemerintahan Trump) adalah bahwa beberapa politisi AS memandang hubungan tersebut dalam mentalitas 'permainan zero-sum' dan gagasan era Perang Dingin. Mereka tidak mau mengakui dan menghormati hak China atas pembangunan," kata Wang kepada surat kabar Arab Asharq Al-Awsat.

Dikutip dari Sputnik, Wang menggambarkan pendekatan seperti itu sebagai tindakan sepihak dan agresif. Dia mengatakan bahwa itu bertentangan dengan norma hubungan internasional dan aturan persaingan pasar yang sehat.

"Kami berharap Amerika Serikat akan kembali ke rasionalitas, memperlakukan secara objektif dan adil perkembangan China dan negara-negara lain dengan ekonomi berkembang secara aktif, bergerak ke arah China, dan memfasilitasi kembalinya hubungan China-AS secepat mungkin ke jalur pembangunan yang sehat dan stabil," kata Wang.

AS dan China telah berselisih sejak 2017, ketika Strategi Keamanan Nasional Washington yang diperbarui menggambarkan China sebagai ancaman utama bagi kepentingan Washington dalam politik dunia. Hubungan bilateral semakin memburuk pada musim panas 2018, ketika Washington menaikkan bea masuk atas impor China senilai 50 miliar dolar AS dalam upaya untuk menyeimbangkan defisit perdagangan. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid