MENU TUTUP

Joe Biden Hubungi Netanyahu, Tegaskan Dukungan AS bagi Keamanan Israel

Rabu, 18 November 2020 | 05:30:48 WIB | Di Baca : 1568 Kali
Joe Biden Hubungi Netanyahu, Tegaskan Dukungan AS bagi Keamanan Israel

 

SeRiau - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Selasa (17/11/2020), melalui telepon. Dia juga menghubungi Perdana Menteri India Narendra Modi.

Kedua pemimpin yang dihubungi itu merupakan sekutu dekat Donald Trump yang sampai sekarang belum mau mengakui kekalahannya dalam pilpres AS.

Biden mengatakan kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dia bertekad memastikan hubungan AS dan Israel bisa semakin kuat dengan dukungan tidak hanya dari Partai Republik tapi juga Demokrat.

"(Biden) Menegaskan kembali dukungannya yang kuat untuk keamanan Israel dan masa depannya sebagai negara Yahudi dan demokrasi," bunyi pernyataan kantor Biden, seperti dikutip dari AFP, Rabu (18/11/2020).

Sementara itu kantor Netanyahu menyatakan, kedua pihak melakukan percakapan yang hangat.

Biden juga berbicara dengan Presiden Israel Reuven Rivlin meski posisinya bersifat seremonial.  

"Saya katakan, sebagai teman lama Israel dia tahu persahabatan kami didasarkan pada nilai-nilai di luar politik partisan," kata Rivlin, di Twitter.

Biden secara terpisah menyuarakan optimisme tentang bekerja dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, yang telah melontarkan pujian pada Trump dalam dua aksi unjuk rasa bersama raksasa di Texas dan Gujarat.

Sementara dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, Biden berharap bisa bekerja sama menghadapi tantangan bersama termasuk pandemi Covid-19, keamanan di kawasan, perubahan iklim, serta memperkuat demokrasi di dalam dan luar negeri.

Kementerian Luar Negeri India menyatakan Modi menyerukan kerja sama dalam mempromosikan akses ke vaksin yang terjangkau serta juga menyampaikan salam untuk Wakil Presiden AS terpilih Kamala Harris, yang merupakan keturunan India.

 

 

 

Sumber iNews.id 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

4

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

5

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau