MENU TUTUP

Rusunawa Rejosari Mulai Dihuni Pasien Covid-19, Pemko Lakukan Evaluasi

Jumat, 04 September 2020 | 15:13:05 WIB | Di Baca : 2314 Kali
Rusunawa Rejosari Mulai Dihuni Pasien Covid-19, Pemko Lakukan Evaluasi

SeRiau - Empat orang positif Covid-19 di Pekanbaru isolasi rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) Rejosari, Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya. Mereka dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala atau kasus konfirmasi asimtomatik.

Hal itu dikatakan oleh Pj Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil bahwa Rusunawa Rejosari tersebut dijadikan tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19 sesuai dengan SK Wali Kota Pekanbaru. Di sana ditempatkan pasien positif asimtomatik atau orang tanpa gejala (OTG).

"Sudah ada 4 OTG diisolasi disana. Kita evaluasi sejauh mana penanganan kita terhadap OTG disana," kata Jamil, Jumat (4/9/2020).

Pihaknya saat ini melakukan evaluasi kinerja masing-masing petugas dari setiap OPD yang bertugas dalam penanganan OTG Covid-19 di sana. Ia menetapkan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) sebagai Kordinator lapangan di Rusunawa Rejosari. 

Selain itu yang menjadi perhatian adalah terkait penanganan limbah medis dari pasien positif yang menjalani isolasi disana. Ia menyebut penanganan limbah dari covid berbeda dengan penanganan limbah medis lainnya. 

"Beberapa OPD yang perlu kita persiapkan. Nanti bagaimana Penanganan limbah covid di rusunawa tersebut. Itu tanggung jawab DLHK, karena penanganannya berbeda dengan limbah yang lain," terangnya. 

Hal lain jadi perhatian adalah terkait pengamanan di lapangan. Selain dari petugas Satpol PP, pihaknya juga meminta bantuan Polri untuk pengamanan pasien positif. 

Plh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy mengatakan, dari empat OTG yang melakukan isolasi di Rusunawa Rejosari, dua di antaranya merupakan satu keluarga. 

"Sampai saat ini ada empat orang. Dua diantaranya satu keluarga, anak dan orang tua," terangnya, Jumat (4/9/2020).

Namun, ia tidak dapat merinci inisial dan asal pasien positif tanpa gejala yang menjalani isolasi di Rusunawa Rejosari. Tenaga kesehatan juga disiapkan disana membantu pasien tanpa gejala yang isolasi di sana.

Tenaga kesehatan juga memantau kesehatan pasien, dan menyiapkan makanan dan minuman pasien tanpa gejala. Tenaga kesehatan melakukan pemantauan hingga pasien dinyatakan negatif dari covid-19. (**H)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau

5

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana