MENU TUTUP

Toyota dan Honda Bermitra Lakukan Uji Coba Bus Hidrogen

Selasa, 01 September 2020 | 19:48:30 WIB | Di Baca : 21711 Kali
Toyota dan Honda Bermitra Lakukan Uji Coba Bus Hidrogen

SeRiau - Toyota dan Honda pada Senin (31/8) mengumumkan bermitra dalam proyek uji coba "Moving-e", mobil pemasok listrik untuk area bencana. Moving-e bukan mobil listrik berbentuk mungil nan futuristik, melainkan sebuah bus berbahan bakar hidrogen yang memuat perangkat pemasok listrik portabel Honda' Power Exporter 9000.

Dikutip dari pernyataan resmi, Selasa (1/9), perangkat itu memakai dua jenis baterai portabel Honda, LiB-AID E500 dan Honda Mobile Power Pack (MPP). Kedua perusahaan akan memverifikasi keefektifan sistem distribusi listrik dalam berbagai kegunaan, misalnya untuk bisnis di perkotaan.

Dalam praktiknya, bus Moving-e akan diisi daya listrik kemudian bus itu akan berpindah ke lokasi yang membutuhkan listrik. Hal yang menjadi sorotan adalah, Moving-e dapat menggunakan bahan bakar hidrogen untuk mengisi baterai portabel maupun untuk digunakan langsung.

Moving-e dikembangkan dari bus Toyota FC yang dilengkapi tanki hidrogen bertekanan tinggi. Bus versi Moving-e dapat memuat hidorgen dua kali lebih banyak dari ukuran biasa.

Ruang kabin bus itu tidak hanya berisi kotak-kotak baterai, namun terdapat ruang istirahat yang diperlukan sebagai lokasi evakuasi sementara. Di dalam Moving-e terdapat beberapa alat, antara lain alat pengisian daya dari Toyota, Honda's Power Exporter 9000 portable external power output device, dua baterai portable Honda: LiB-AID E500 dan Mobile Power Pack (MPP), dan alat pengisian daya khusus untuk MPP. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

PKS Kembali Pertahankan Kursi Ketua DPRD Pekanbaru di Pemilu 2024 - 2029

2

DPRD Pekanbaru Ingatkan Caleg Jangan Lakukan Serangan Fajar

3

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Riau Bersinergis Dalam Menciptakan Pemilu 2024 Aman dan Damai

4

Capella Honda Bersama HPCI Berbagi ke Panti Asuhan Yang Terkena Banjir

5

Batas Akhir Pengisian PPDS 9 Februari, Kepsek: 141 Siswa SMAN 2 Pekanbaru Bersaing di SNBP