MENU TUTUP

Ini Bahaya Hand Sanitizer yang Mengandung Metanol, Simak Ya!

Rabu, 24 Juni 2020 | 12:07:46 WIB | Di Baca : 1689 Kali
Ini Bahaya Hand Sanitizer yang Mengandung Metanol, Simak Ya!

 

 

SeRiau - Pandemi virus corona Covid-19 membuat banyak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan rajin mencuci tangan. Salah satu benda yang sering digunakan untuk mensterilkan tangan selama pandemi adalah hand sanitizer.

Belum lama ini Food Drugs Administration (FDA) AS mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan produk hand sanitizer yang beredar di pasaran. FDA mengatakan, saat ini ada hand sanitizer maupun cairan pencuci tangan lainnya yang mungkin mengandung metanol.

Metanol sendiri adalah zat beracun yang sangat berbahaya apabila terserap dan terpapar di permukaan kulit. Paparan metanol yang signifikan dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kebutaan permanen, kejang, koma, kerusakan saraf permanen dan kematian.

Sebagaimana dilansir USA Today, Rabu (24/6/2020), menurut studi oleh Pusat Nasional Informasi Bioteknologi, metanol berpotensi mematikan jika digunakan dalam dosis 30 hingga 240 mililiter.

Meski demikian FDA menyarankankan para konsumen untuk berhenti menggunakan hand sanitizer yang mengandung metanol dan segera membuangnya. Lebih lanjut FDA menyarankan masyarakat yang telah terpapar hand sanitizer mengandung metanol harus segera mencari perawatan medis.

FDA menemukan metanol dalam beberapa sampel merek pembersih tangan yang diproduksi oleh salah satu produsen bahan kimia yang berbasis di Meksiko. Agensi telah merekomendasikan perusahaan untuk menarik produk tersebut dari pasaran.

Sayangnya perusahaan pembuat hand sanitizer tersebut belum kunjung melakukan penarikan produk. FDA menambahkan bahwa anak-anak atau orang yang tidak sengaja menelan cairan hand sanitizer tersebut memiliki risiko keracunan.

 

 

 

 

Sumber okezone.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

NasDem Usung H Bistamam - Jhony Charles bertarung di Rokan Hilir

2

PPDB Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta Diperpanjang Hingga 10 Juli

3

15 Anak Autis Ikut Khitanan Massal IDI Cabang Pekanbaru dan ULD Disdik Riau

4

Dua Bersaudara Perenang Riau Aquatic Pekanbaru Raih Medali Emas di Brunei

5

35 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Berkemajuan Lulus SNBT, Dua Siswa Lulus Kedokteran UGM dan UNAND