MENU TUTUP

China Mulai Normal, Sekolah di Shanghai-Beijing Kembali Buka

Senin, 27 April 2020 | 19:12:25 WIB | Di Baca : 1669 Kali
China Mulai Normal, Sekolah di Shanghai-Beijing Kembali Buka

SeRiau - Sejumlah sekolah di Shanghai dan Beijing, China, mulai kembali dibuka pada Senin (27/4) setelah ditutup beberapa bulan untuk menekan penyebaran virus corona. Sekitar 49 ribu pelajar perkirakan akan kembali masuk sekolah.

Pembukaan itu menandakan kehidupan di kota-kota besar China secara bertahap kembali normal. Namun, pembukaan hanya diizinkan untuk sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Operasional sekolah tetap dilaksanakan sesuai dengan pedoman pencegahan Covid-19.

Di pintu masuk, petugas berjaga untuk memeriksa suhu tubuh para murid. Hanya siswa yang memiliki kode kesehatan hijau diperbolehkan belajar di kelas. Meja siswa di dalam kelas juga diberi jarak. Begitu juga di kantin, tempat duduk diatur dengan jarak setidaknya satu meter.

Beberapa sekolah di Shanghai menyediakan kamar khusus untuk mengisolasi siswa dengan suhu tinggi.

Seorang siswa bernama Meng Xianghao mengaku tetap melakukan tindakan pencegahan ekstra pada hari pertama kembali ke sekolah. "Saya memakai masker, membawa kantong sampah, dan desinfektan," kata siswa Sekolah Menengah Chenjinglun Beijing seperti dikutip dari AFP.

Meng juga mengatakan bahwa hari ini adalah kali pertama dia naik kereta setelah berbulan-bulan hanya berdiam diri di rumah.

Secara bertahap sekolah-sekolah di China mulai dibuka kembali pada bulan lalu. Sejak Januari seluruh siswa belajar di rumah dengan metode online. Sementara sekolah menengah di Kota Wuhan rencananya dibuka kembali pada 6 Mei.

Di China sendiri saat ini penyebaran virus corona berjalan lambat, termasuk di Hubei yang menjadi pusat penyebaran corona. Namun, China memang masih dihantui ancaman penyebaran virus dari luar dan gelombang dua pandemi corona.

Beijing memberlakukan aturan ketat dengan menetapkan kebijakan karantina dua pekan bagi seluruh pendatang dari luar negeri serta dinyatakan sehat.

Hingga saat ini China memiliki 82.830 kasus virus corona, 4.633 kematian, dan 77.474 pasien dinyatakan sembuh. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid