MENU TUTUP

KLHK Beri Peringatan ke Public Figure yang Pakai Satwa Liar untuk Konten Medsos

Kamis, 23 April 2020 | 00:26:08 WIB | Di Baca : 5638 Kali
KLHK Beri Peringatan ke Public Figure yang Pakai Satwa Liar untuk Konten Medsos

SeRiau - Kementerian LHK mendapati ada sejumlah public figure yang memelihara satwa liar dan dijadikan bahan konten medsos. KLHK mengingatkan agar mereka tak melakukan hal tersebut, apalagi di tengah pandemi corona saat ini.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK, Indra Exsploitasia dalam keterangannya mengatakan, satwa liar sudah seharusnya tinggal di alam liar. Harus ada izin jika satwa liar ingin dipelihara.

"Memelihara satwa liar harus mengantongi izin," kata Indra, Rabu (22/4).

KemenLHK mengajak masyarakat terutama para public figure/selebritas, bisa memberi contoh yang baik dengan mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Khususnya terkait pemeliharaan satwa liar.

Indra beralasan, adanya public figure yang memelihara satwa liar dapat memicu perburuan satwa liar lebih banyak. Namun, Indra tak merinci public figure mana yang dia maksud.

"Hal ini menjadi perhatian publik, karena bisa jadi pemicu bagi para followers selebritas tersebut untuk memelihara satwa liar dilindungi," kata Indra.

"Sehingga banyak pihak yang mengkhawatirkan terjadinya perburuan liar untuk mendapatkan satwa liar dilindungi, dan potensi penyebaran penyakit COVID-19 dari manusia ke satwa liar yang dipelihara oleh public figure/selebritas," lanjut dia.

Indra mencatat, ada kemungkinan satwa liar juga bisa menjadi media penyebar penyakit bagi manusia, apalagi di tengah pandemi corona saat ini. Meski lebih besar potensi satwa menularkan kepada manusia, ada kemungkinan manusia juga dapat menularkan penyakit ke satwa.

"Pada prinsipnya, pemeliharaan satwa liar harus dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan. Barang siapa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut, siapapun dia, dapat diproses hukum," pungkasnya. (**H)


Sumber: kumparan.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H