MENU TUTUP

WNI di Luar Negeri Diimbau Segera Pulang

Selasa, 17 Maret 2020 | 18:53:08 WIB | Di Baca : 1554 Kali
WNI di Luar Negeri Diimbau Segera Pulang

SeRiau - Pemerintah Indonesia mengimbau seluruh warga (WNI) yang tengah bepergian ke luar negeri untuk segera pulang untuk menghindari pembatasan perlintasan (lockdown) yang dilakukan sejumlah negara untuk mencegah penyebaran virus corona.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menuturkan imbauan itu diterapkan sebagai langkah antisipasi pemerintah agar WNI tidak kesulitan jika ingin pulang di tengah situasi tak menentu akibat pandemi virus corona (Covid-19).

"Untuk Warga Negara Indonesia yang saat ini sedang bepergian ke luar negeri, diharapkan untuk segera kembali ke Indonesia sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih jauh lagi," kata Retno saat menyampaikan pernyataan pers melalui video di Jakarta, pada Selasa (17/3).

Retno juga mengimbau supaya seluruh warga Indonesia membatasi dan menunda rencana bepergian ke luar negeri, kecuali memiliki kepentingan mendesak mengingat semakin banyak negara yang mengalami wabah Covid-19.

Hingga saat ini, sebanyak 182.699 orang terinfeksi virus corona di 162 negara dan wilayah di dunia. Sebanyak 7.173 orang di dunia dinyatakan meninggal akibat virus serupa SARS tersebut.

Meski begitu, sebanyak 79.883 pasien corona juga telah dinyatakan sembuh.

China masih menjadi negara dengan kasus corona terbanyak yakni mencapai 80.881 kasus dengan 3.226 kematian. Sementara itu, Italia menjadi negara kedua dengan kasus Covid-19 yang menyentuh 27.980 kasus dengan 2.158 kematian.

Retno mengatakan sejumlah negara saat ini juga telah memberlakukan kebijakan pembatasan lalu lintas orang.

"Oleh karena itu, semua warga negara Indonesia diminta untuk terus mencermati informasi di aplikasi Safe Travel atau menghubungi hotline perwakilan RI terdekat," tutur Retno.

Pemerintah juga menyatakan untuk sementara menunda penerapan bebas visa kunjungan, penerbitan visa kunjungan saat kedatangan, serta visa diplomatik. Hal itu dilakukan sebagai upaya pembatasan lalu lintas bagi warga asing di tengah situasi pandemi virus corona. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid